Langsung ke konten utama

Kode Phyton Monthly Precipitation Bias Correction dengan Quantile Mapping menggunakan Distribusi Gamma (Feel Free to Use)

 Cukup lama aku tidak posting dikarenakan kesibukan dan lain sebagainya. Aku belajar banyak hal baru akhir - akhir ini dan bagaimana pemrosesan data menggunakan Phyton yang sangat membantu. kali ini aku akan posting bagaimana analisa Bias Correction untuk data hujan bulanan bisa dilakukan dengan menggunakan metode Trend Preserving Quantile Mapping. aku tidak akan membahas detail tentang prosesnya, namun pada postingan ini, aku ingin berbagi tentang kodenya dan bagaimana input data yang bisa kita lakukan dengan kode yang aku buat. beberapa penjelasan telah aku sajikan di dalam github.com.

Kode ini tentu saja digunakan untuk data hujan bulanan karena pada studi yang aku gunakan adalah dataset dari Terra Climate yang mempunyai resolusi cukup baik, panjang, namun data yang disajikan adalah bulanan. pemilihanku pada dataset ini karena dataset ini juga memberikan data lain yang aku butuhkan seperti actual evapotranspirasi dan PET (Evaporasi Potensial). Sehingga dengan data hujan yang tersedia dalam 1 dataset, keduanya bisa digunakan. sayangnya, data satelit tetaplah data satelit dan perlu untuk dilakukan bias koreksi.

kode ini bisa dijalankan dan bisa didownload melalui Link github berikut ini:

Kode Monthly Bias Correction

berikut adalah beberapa hasil yang bisa dimunculkan dengan menggunakan link tesebut




dari 2 data, ground station dan satelit, akan diplot terlebih dahulu dengan menggunakan distribusi gamma dan dilihat seberapa jauh berbedaan antara keduanya. serta terlihat pula kurva CDFnya.

kemudian selanjutnya dijalankan program dan didapatkan koreksi sebagai berikut:





kira kira sederhananya seperti ini. jika kalian menggunakan kode ini dan menemukan sesuatu yang berbeda atau kurang baik. silahkan diubah dan konfirmasi pada email: yuanggarizq@gmail.com
input anda sangat membantu pengembangan kode ini. terima kasih.

Komentar

Hot Mingguan!!

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah Sistem Drainase (Drainase Pertanian)

SISTEM DRAINASE PADA PERSAWAHAN Makalah tugas ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah Sistem Drainasi yang diampu oleh Linda Prasetyorini, ST., MT. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 YOGA OKTA WARDHANA                       145060400111028 AGUNG PRAMONO                                    145060401111047 AHMAD IFFAN F.                                        145060401111050 ALIF RINALDY                                           145060401111025 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Oktober 20 15 KATA PENGANTAR             Segala Puji atas rahmat yang Allah SWT anugrahkan nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah dengan judul “SISTEM DRAINASE PADA PERSAWAHAN”. Kemudian shalawat serta salam kita sampaikan pada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni Alquran dan sunnah untuk keselamatan umat dunia.           

Masih Banyak yang Bingung tentang Precipitation pada Unsteady Flow HEC RAS. Ini Bisa Muncul pada Model 2D

 Meninjau pada postingan sebelumnya tentang drainase dengan steady flow,  Drainage Engineer dengan Steady Flow Bisa Menjadi Perdebatan Panjang  sepertinya cukup banyak pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana input unsteady flow dengan precipitation pada HEC RAS. tentu saja tahapannya banyak dan akan memakan waktu lama untuk membandingkannya. aku melihat bahwa di beberapa plat form pelatihan masih menggunakan  HEC RAS 4.1. atau bahkan beberapa pelatihan dasar masih menggunkana HEC RAS 4.0.1 yang tentu saja masih banyak fitur yang belum dimasukkan di dalamnya sebagai versi yang lebih up to date.  aku sendiri menggunakan program CIVIL GeoHECRAS yang merupakan program bukan open source dengan beberapa keunggulan lain seperti map editing dan map overlay yang tidak ada di HEC RAS, sehingga model 2D yang menggunakan peta Digital Elevation Model bisa diedit dan dikalibrasi dengan lebih mudah atau pembuatan tanggul, saluran, galian, timbunan menjadi lebih mudah tanpa harus membuka atau melak