Langsung ke konten utama

pelantikanku di SAKA Bhakti Husada


           

                Sebuah petualangan bukan hanya dilakukan di luar ruangan, berada di alam bebas, ataupun mblakrak ke tengah hutan. Kadang petualangan terjadi dan tercipta ketika kita sedang santai, sedang menuntut ilmu, atau bahkan sedang dalam kesulitan. Semua itu dikarenakan kita manusia biasa, manusia yang tak bisa sempurna karena kesempurnaan hanya ada dan milikNya.
                Kali ini, petualanganku terjadi dan tercipta pada sebuah puskesmas di kota Lumajang. Aku seorang anak yang aktif, bukan anak yang mudah disuruh diam saja, apalagi aku seorang anggota Pramuka yang tentunya sangat menyenangi kegiatan outdoor dan kegiata – kegiatan bertemakan petualangan – petualangan. Aku mengikuti suatu acara acara yang berujung pelantikan sebagai SAKA Bhakti Husada. Awalnya aku mengikutinya karena iseng dan cuman ingin mengisi waktu malem mingguku yang biasanya kosong melompom tanpa satu acara pun di rumah.
                Acara berlangsung tak begitu seru menurutku tetapi memberikan banyak pembelajaran – pembelajaran penting. Awalnya memang aku tak tahu menahu tentang apa itu SAKA, apa gunannya itu, penting apa gak, bagiku hanyalah suatu wadah untuk bermain dan mengisi waktu luang. Tapi di dalam acara tersebut yang kuikuti bersama mas Aim, Mbak Desi, Mas Robby, Mbak Gusti, Firo, Dinda, Dyah, kemudian ada juga mbak Ifa, Mbak Karina, dan Mbak Wanda yang menjadi panitia dalam acara tersebut. Awalnya kegiatan tersebut diawali dengan absensi kemudian upacara yang menurutku tidak terlalu formal karena kami mengikutinya dengan duduk di atas sofa dan pemberian materi.
                 
               Materi pertama berawal tentang Pengenalan SAKA Bhakti Husada. SAKA Bhakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional. Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya. Itu yang kudapat dari salah satu penyaji.
                Kemudian istirahat sejenak dan diteruskan oleh Pembina Gudepku yang tampan Bernama Kak Priyo Utomo. Kami biasa memanggil Om Priyo meskipun sebenarnya Om masih muda. Om selalu mengayomi kami dimana pun kami berkegiatan. Kemudian ada Mas Lukman yang konon katanya telah sampai memenangan lomba cerdas cermat tingkat Nasional, ada juga sosok lucu , humoris dan mudah diajak bercanda, dia Seorang staf Di Kwarcab Lumajang yang bernama Mas Fison.
                Om Priyo memberikan suatu penjelasan dengan Diskusi, dan kami berdiskusi dengan beberapa peserta lain yang awalnya tidak kenal menjadi kenal. Yang awalnya masih malu – malu menjadi terbuka, Setelah diskusi, kemudian dilanjutkan dengan Membacakan diskusi serta menyimpulkan. SAKA  adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satu hal yang masih agak saya ingat. Kemudian selanjutnya Om menjelaskan tentang Pamong SAKA yaitu orang yang mengajarkan Materi dan orang itu Anggota Pramuka berbeda dengan Instruktur yaitu Orang yang mengajarkan materi tetapi bukan orang pramuka.
                Setelah itu ada sedikit acara bermain di sekitar api unggun dan menampilkan beberapa pertunjukan. Ada yang menampilkan drama, ada yang menampilkan nyanyi dan lain – lain. Kemudian kami Tidur untuk Nanti malam persiapan pelantikan. Kami tidak tidur, aku, mas robby, dan beberapa anak lain malah berdiskusi tentang cinta – cintaan yang menjadi bahan topik pembicaraan kami. Malam itu juga mas Aim terkena serangan gatal – gatal di sekujur tubuhnya.
                Malam Telah sangat Larut, kami digiring ke sebuah lapangan di tengah makam. Kemudian acara pelantikan kami mulai. Persiapan seperti lilin sudah di tangan untuk nantinya mengucapkan Sebuah kalimat pernyataan yang kami buat masing – masing. Tapi pada saat Pembacaan TriSatya, mas Aim Kolaps dan akhirnya dibawa ke pinggir. Namun hal itu tidaklah menjadi kendala, Serangkaian acara pelantikan masih terus berlanjut. “AKU AKAN BERUSAHA MENGAMALKAN ILMU YANG KUDAPAT KAPANPUN DAN DIMANAPN AKU BERADA” Sebuah kalimat yang terlontar dari lidahku.

ஜ¤═════¤۩۞۩¤═════¤à®œ

                Setelah acara pelantikan itu selesai kami semua segera tidur untuk persiapan hari esok meskipun jam sudah menunjukan sekitar pukul 01.00 WIB. Paginya kami diajak oleh panitia untuk sekedar berolahraga lari pagi di alun – alun yang kemudian diteruskan dengan acara Outbond dan kembali ke Puskesmas untuk Sarapan bersama kemudian mengakhiri acara ini.
                Memang bukan suatu yang seru seseru pergi ke Puncak gunung misalnya tetapi pembelajaran menjadikan kita manusia yang lebih mengerti dan manusia yang lebih mengerti akan menjadi manusia yang baik entah di dalam masyarakat ataupun di luar masyarakat.

I WILL TRY TO SCIENCE I got to practice whenever and wherever I BE

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,