Langsung ke konten utama

Pantai Tanah Barak, Searah dengan Pantai Pandawa Namun Lebih Tersembunyi

  Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai paling terkenal di Bali selatan yang bisa dinikmati oleh turis lokal maupun mancanegara. berawal dari tebing tembok yang dibuat untuk jalan alternatif menuju pantai pandawa, nyatanya terdapat 1 pantai lagi yang cukup indah namun sedikit terpencil. pantai ini bernama pantai Tanah Barak. untuk ukuran pantai yang aksesnya cukup mudah, ini adalah salah satu pantai yang indah dengan pemandangan yang luar biasa berupa pasir putih dan di belakangnya dinding dan goa hasil gerusan batu kapur oleh gelombang laut. begini ulasannya.

Pantai Tembok Barak
Shoot by Yu, Canon EOS 800D, EF-S 10-22 mm f/3.5-4.5 USM, Shoot at ISO 100, 13 mm, f/25, 4 second, LR Classic

Lokasi Pantai Tanah Barak

Jika kalian menuju pantai Pandawa melalui jalur barat, maka kalian akan melewati jalan tebing kapur yang sangat tegak. spot ini menjadi spot foto yang cukup viral beberapa waktu yang lalu. tapi sebenarnya jalan ini merupakan jalan alternatif menuju pantai Pandawa. aku akan memberikan link google map untuk lokasi tebing kapur yang pada google map disebut Pandawa Beach Road View Point dan sempat viral tersebut:

Pandawa Beach Road View Point


Lokasi Pandawa Beach Road View Point --> Click to Google Map

tidak hanya lokasi itu yang menjadi viral, kalian akan melewati jalan yang dibuat di pinggir tebing dengan pemandangan pantai yang indah. sebelum sampai di pantai Pandawa, maka kalian akan melihat pertigaan dengan turunan yang cukup terjal. disitulah terdapat pantai Tanah Barak. berikut link google map menuju pantai Tanah Barak tersebut:

Lokasi Pantai Tanah Barak --> Click to Google Map

Namun aku peringatkan diawal bahwa lokasi ini tidak memiliki tempat parkir untuk kendaraan roda 4 karena itu jika kalian menuju ke pinggir pantai menggunakan mobil, saranku urungkan niat kalian. lebih paik parkir diatas di jalan besar di pinggir jalan walaupun memang harus sedikit effort untuk jalan kaki. untuk pengendara kendaraan roda 2, jangan khawatir, sebelum ujung jalan tersedia cukup lahan parkir untuk kendaraan roda 2. sepertinya biasanya ada penjaga yang berjaga disana namun terakhir kali aku kesana, tidak ada penjaga sama sekali yang standby di lokasi tersebut.

Laut Biru Pantai Tanah Barak

Parkiran tersebut ada di sebuah belokan tajam yang kemudian dibatasi dengan kayu yang melintang agar pengendara tidak menuju lokasi pantai yang lebih jauh lagi. bukan karena apa namun karena faktor keamanan. jalan tersebut di ujungnya akan berhenti menjadi turunan terjal yang berupa tangga. sehingga jika kendaraan melaju dan tidak sadar ada turunan terjal tersebut maka akan membahayakan pengendara tersebut. sehingga dimana terdapat kumpulan motor atau kayu yang menghalangi jalan jangan dilewati yaa.

Pemandangan Pantai Tanah Barak

Kami memutuskan untuk parkir diatas sehingga kami berdua harus berjalan dari jalan utama melewati jalan pertigaan menuju pantai tanah barak tersebut. hal ini juga menghindari mobil yang akan naik karena lebar jalan akan menyulitkan jika terdapat 2 kendaraan roda 4 yang berpapasan. setelah melewati jalan yang tertutup kayu, kalian akan mendapati tangga batu yang langsung menuju pantai. dari atas kalian akan melihat deburan ombak yang menghantam tebing diujung dan cekungan cekungan yang membentuk goa akibat deburan ombak bertahun - tahun. 

Goa Goa Kecil di Pantai Tanah Barak

Lautnya biru kehijauan memantulkan cahaya matahari dengan indahnya. pantainya berpasir putih sehingga menjadi kombinasi warna yang indah. ada beberapa bagian yang berupa batu - batu namun ada juga bagian yang berupa pasir putih bersih nan indah. deburan ombak yang silih berganti bersamaan dengan angin sepoi memberikan nuansa tenang sehingga pantas cukup banyak pengunjung yang memutuskan untuk bersantai disini. di tengah cuaca yang terik pun karena berada di bawah tebing, pantai ini relatif sangat sejuk karena matahari tidak menghadap langsung pada pengunjung. jadi ini merupakan salah satu pantai yang sangat rekommended sekali untuk menikmati hari yang panas. ada info juga bahwa pantai ini cukup indah dinikmati di saat sunset maupun sunrise.

Tidak ada Penjual Makanan dan Minuman

Satu lagi yang harus menjadi catatan adalah bahwa di pantai ini tidak ada warung apapun dan bahkan penjual asongan pun tidak ada. sehingga menjadi sebuah kewajiban untuk kalian yang ingin berkunjung ke pantai ini untuk membawa makanan dan minuman sendiri. tapi bersamaan dengan itu, aku juga tidak melihat adanya tempat sampah yang tersedia di pantai ini sehingga untuk kalian yang membawa makanan dan minuman jangan lupa untuk membawa pulang kembalu sampahnya ya. mari kita jaga salah satu pantai yang indah di bagian Selatan Pulau bali ini.

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,