Langsung ke konten utama

Kawaguchiko, Fuji, dan Momiji

 Kali ini tulisanku tentang perjalanan kami menyusur salah satu danau paling terkenal di dunia yaitu danau kawaguchiko. Danau ini menjadi salah satu daya tarik wisata di jepang dan menjadi salah satu destinasi wajib jika sedang berwisata ke jepang. Letaknya tidak terlalu jauh dengan kota Kofu dimana kita tinggal sekarang. danau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari dikarenakan pemandangan dari danau ini lamgsung menuju gunung Fuji yang juga menjadi ikon dari negara Jepang. 

Autumn Kawaguchiko
(Shoot by Yu, Canon EOS 800D, EF-S 10-22 f/3.5-4.5 USM, Shoot at ISO 100, 21 mm, F/25, 1/20 s, Grad ND Filter, LR Classic)

1. Musim Gugur dan Musim Sakura

Musim yang sedang terjadi ketika kami kesana adalah pertengahan musim gugur. Pada setiap daerah tentunya berbeda namun di sini, pertengahan musim gugur menjadi salah satu musim yang paling ditunggu dan menjadi musim yang paling direkomendasikan untuk berangkat ke danau ini. Daya tarik pada musim gugur adalah momiji festival. Musim gugur dihiasi dengan daun berbagai bentuk mulai berubah menjadi kemerahan dan mulai berguguran. Daun berbentuk bintang, berbentuk hati dan sebagainya memberikan warna kontras kemerahan yang sangat indah. 

Momiji festival dilaksanakan tahun ini di momiji corridor dimana terdapat banyak pertunjukkan dan stand makanan yang bisa kita nikmati disekitar danau. Dihiasi dengan seluruh areal yang berwarna merah karena daun kemerahan yang menumpuk di sekitar areal momiji corridor. Sebenarnya momiji corridor ini merupakan sebuah saluran yang terhubung langsung dengan danau namun karena dipenuhi dengan pohon momiji yang berwarna kemerahan, pada musim gugur lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit yang bisa dinikmati. karena bermuara langsung ke danau, maka uung dari saluran pada momiji corridor adalah danau Kawaguchiko yang tampak langsung berhadapan dengan gunung Fuji.

Momiji Corridor (From The Bridge)
(Shoot by Yu, Samsung Note 20)

Momiji Corridor from Side way
(Shoot by Yu, Samsung Note 20)

Masih di lokasi yang sama, kami berjalan di sepanjang pinggir danau dan lokasi ini adalah lokasi pohon sakura. sayangnya kami datang ketika musim gugur sehingga masih belum ada pohon sakura yang mekar. aku mencoba mengambil foto pada salah satu spot lokasi pohon sakura yang terkenal disini. tentu saja temanya masih musim gugur namun semoga nanti ketika musim semi kami berdua masih berkesempatan untuk pergi ke tempat ini sekali lagi dengan suasana yang lain.

2. Momiji Photo Spot

Nah kalau yang ini kesukaan para penggemar fotografi. salah satu foto yang paling sering muncul ketika melihat gunung Fuji adalah foto dimana gunung fuji yang tampak di belakang daun momiji dan background danau. sebenarnya ada beberapa spot yang bisa kalian pilih namun spot yang paling mudah dijangkau adalah Kuil Ubuyagashaki. di bawah kuil ini terdapat pinggiran danau yang tepat diatasnya dipenuhi oleh pohon momiji dan ketika musim gugur seperti ini, maka dedaunan itu akan menggelantung tepat diatas danau. posisi ini menjadi spot foto yang paling dicari di danau Kawaguchiko selama masa musim gugur. aku akan memberikan link posisinya di google map:

Lokasi Spot Foto Momiji Gunung Fuji --> Klik untuk lokasi spot foto melalui google map

akan ada beberapa orang yang berada disini dengan membawa berbagai kameranya dan bahkan ketika kami datang ada beberapa orang asing yang sedang melakukan sesi foto prewedding di lokasi ini. sehingga kita harus bersabar menunggu giliran. terkadang membutuhkan waktu beberapa menit berada disini untuk mendapatkan momen dimana posisi matahari dan gunung Fuji yang tidak tertutup awan.

Starburst Momiji Kawaguchiko
(Shoot by Yu, Canon EOS 800D, EF-S 10-22 f/3.5-4.5 USM, Shoot at ISO 160, 14 mm, F/25, 1/30 s, Grad ND Filter, LR Classic)

3. Kawaguchiko Bridge dan Oike Park

mengikuti jalur bis dari Kuil Ubuyagashaki, kita akan melewati ropeway yang menjadi salah satu spot yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun info menariknya adalah tanaman yang tumbuh disekitar ropeway adalah tanaman sakura. sehingga ropeway tersebut akan menjadi sangat indah pada musim semi nanti. sementara ropeway akan masuk list namun kali ini kami terus lanjut hingga Oike Park. salah satu taman yang ada di sisi selatan dari Danau Kawaguchiko dan tepat berada di sebelah dari jembatan Kawaguchiko.

Kawaguchiko Bridge
(Shoot by Yu, Samsung Note 20)

Di taman ini, pemandangan mengarah ke arah selatan sehingga gunung Fuji berada di belakang kita. namun yang menarik adalah adanya berbagai satwa yang bergerak bebas disini. kami melihat beberapa angsa yang telah diberi penanda dan menjadi salah satu satwa yang dilindungi di area danau. selain itu banyak bebek hingga bahkan burung elang yang bisa dilihat di sekitar Oike Park. beberapa tanaman khas musim gugur yang akan memberikan nuansa warna merah yang sangat cerah juga banyak di lokasi taman ini. 

Oike Park sebenarnya bisa menjadi salah satu list dikarenakan adanya masjid tepat di seberang Oike Park yang bisa digunakan sebagai sarana ibadah umat muslim. selain itu mereka juga menyediakan kebab halal yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Kawaguchiko. Kemudian tidak jauh disana, terdapat jembatan Ikonik yang membentang sepanjang danau. kita bisa berjalan di sepanjang jembatan ini namun perlu diperhatikan terkadang anginnnya akan cukup kencang sehingga tetap berhati hati. dari tengah jembatan, gunung Fuji mulai terlihat dan seluruh landscape danau kawaguchiko terlihat sangat indah.

Red Park, Oike
(Shoot by Yu, Canon EOS 800D, EF-S 10-22 f/3.5-4.5 USM, Shoot at ISO 125, 20 mm, F/29, 1/10 s, Grad ND Filter, LR Classic)

4. Informasi Jalur Transportasi

Nah ini bagian yang perlu aku sampaikan dan menjadi salah satu informasi yang sangat berguna ketika kalian pergi berkunjung ke areal wisata danau Kawaguchiko. Terdapat beberapa cara untuk kesini dan mode utama untuk angkutan umum adalah menggunakan bus dan menggunakan kereta. Keduanya jika dihitung berangkat dari kota kofu mempunyai harga yang mirip namun akan berbeda jalur. Sehingga untuk mode transportasi akan sangat bergantung pada darimana kalian berangkat. 

Jika dari Kofu, maka menggunakan bus lebih ideal. Kalian bisa menggunakan bus dari stasiun Kofu bagian selatan atau menggunakan bus mulai dari stasiun Isawa onsen. Berbeda dengan jika menggunakan mode kereta, kalian harus menggunakan kereta dari Kofu station menuju Otsuki station untuk selanjutnya berganti kereta menuju Fuji station. Sedikit mirip tapi menuju otsuki lebih jauh daripada langsung menggunakan bus. Sehingga untuk menggunakan kereta lebih direkomendasikan dengan keberangkatan dari Tokyo dan menggunakan bus lebih direkomendasikan jika berangkat dari Kofu. 

Aku akan memberikan lokasi dan rute pada masing - masing lokasi tersebut.

Jalur Kofu menggunakan Bus (Biru Muda), Kofu - Otsuki (Oranye) kemudian Otsuki - Kawaguchiko (Biru Tua)
Source: Google Map

Jalur Kereta dari Shinjuku Tokyo
(Source: Google Map)

Selanjutnya di lokasi kawaguchiko, transportasi menjadi sedikit berbeda ketika berada pada areal wisata. Hal yangpaling membedakan adalah adanya redline yang merupakan transportasi dengan moda bus yang khusus bergerak di sekitar danau saja dan beberapa lokasi di sekitarnya. Sehingga ketika kalian berkunjung ke kawaguchiko, informasi ini perlu untuk diketahui karena 2 jenis bus ini benar - benar berbeda tujuan dan tentu saja halte yang digunakan juga berbeda. ada beberapa tempat yang 2 jenis bus baik redline maupun bus biasa beririsan namun keduanya memiliki halte yang berbeda sehingga tetap perhatikan 2 tipe halte dan 2 tipe bus tersebut.


Halte Bus Redline


Halte Bus Umum


Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,