Langsung ke konten utama

Tugas B.Indonesia Individu 1 Teknik Pengairan Universitas Brawijaya



Nama   : Yuangga Rizky Illahi
NIM    : 145060400111003
Kelas   : A


1. Uraian Pengertian dari :

a.       Pengetahuan
-          Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas melekat di benak seseorang. (Wikipedia)
-          Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. (Wikipedia)
-          Pengetahuan adalah Informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pembelajaran dan pengalaman yang terakumulasi sehingga bisa diaplikasikan ke dalam masalah/proses bisnis tertentu. (Pengertian Pengetahuan - Blog)
-          Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring pengetahuan berarti segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: atau segala sesuatu yg diketahui berkenaan dengan hal (Mata Pelajaran).
-          Menurut Pudjawidjana (1983), pengetahuan adalah reaksi dari manusia atas rangsangannya oleh alam sekitar melalui persentuhan melalui objek dengan indera dan pengetahuan merupakan hasil yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan sebuah objek tertentu.
-          Menurut Ngatimin (1990), pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.
-          Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini setelah orang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia, yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagaian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telingan.
-          Dari berbagai pendapat yang ada diatas, dapat saya simpulkan pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui maupun dipelajari oleh manusia termasuk informasi dan didapatkan dengan persentuhan panca indra pada objek tertentu.

b.      Ilmu
-          Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.[1] Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. (Wikipedia)
-          Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (Depdikbud 1988) memiliki dua pengertian, yaitu Ilmu diartikan sebagai suatu pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) tersebut, seperti ilmu hukum, ilmu pendidikan, ilmu ekonomi dan sebagainya. Kemudian Ilmu diartikan sebagai pengetahuan atau kepandaian, tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, dan sebagainya, seperti ilmu akhirat, ilmu akhlak, ilmu bathin, ilmu sihir, dan sebagainya.
-          Menurut M. Izzudin Taufiq Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.
-          Menurut Thomas Kuhn Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
-          Menurut Dr. Maurice Bucaille Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
-          Menurut NS Asmadi Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
-          Menurut Poespoprodjo Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.
-          Menurut KBBI pada KBBI.web.id ilmu merupakan pengetahuan atai kepandaian (tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb)
-          Menurut KBBI pada KBBI.web.id ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.
-          Dari berbagai pendapat yang ada diatas, dapat saya simpulkan ilmu merupakan suatu bagian dari pengetahuan yang didasarkan dari bagaimana mendapatkan ilmu tersebut, apa yang dipelajari dari ilmu tersebut, dan fungsi dari ilmu tersebut.

c.       Teknologi
-          Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. (Wikipedia)
-          Menurut kamus Merriam–Webster terapan teknologi adalah praktis pengetahuan, khususnya dalam ruang lingkup tertentu dan kemampuan yang diberikan oleh terapan praktis pengetahuan.
-          Menurut Bernard Stiegler, dalam Technics and Time teknologi pencarian kehidupan, dalam artian lebih dari sekadar hidup dan teknologi zat-zat anorganik yang tersusun rapi.
-          Teknologi adalah cara di mana kualitas hidup manusia ditingkatkan dengan pengenalan produk baru. (Pengertian.info)
-          Teknologi adalah cabang pengetahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan. (Pengertian.info)
-          Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan (kombinasi teknik ilmiah dan material) untuk memenuhi tujuan atau memecahkan suatu masalah. (Pengertian.info)
-          Teknologi berasal dari kata perancis yang dapat diartikan Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. (aingindra.com)
-          Teknologi merupakan barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia.
-          Teknologi menurut KBBI.web.id adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan
-          Teknologi menurut KBBI.web.id adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang – barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
-          Dari berbagai pendapat yang ada diatas, dapat saya simpulkan bahwa teknologi merupakan sebuah hasil dari pemikiran manusia yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah sehingga memudahkan kehidupan manusia itu sendiri.

d.      Penelitian
-          Penelitian disebut juga riset yang berarti suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. (Wikipedia)
-          Peneltian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
-          Menurut Hill Way, penelitian merupakan suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.
-          Menurut Winanrno Surachmad, penelitian merupakan kegiatan ilmiah mengumpulkan pengetahuan baru dari sumber-sumber primer, dengan tekanan tujuan pada penemuan prinsip-prinsip umum, serta mengadakan ramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki.
-          Menurut Soetrisno Hadi, penelitan merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, usaha mana dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.
-          Menurut Cooper dan Emory, 1995, penelitan adalah Suatu proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan  informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah.
-          Menurut Suparmoko, 1991, Penelitan merupakan Usaha yang secara sadar diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta  baru dan juga sebagai penyaluran hasrat ingin tahu manusia.
-          Menurut KBBI.web.id penelitaian adalah pemeriksaan yang teliti; penyelidikan.
-          Menurut KBBI.web,id penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip – prinsip umum;~ dasar penelitian dengan tujuan mengembangkan teori – teori ilmiah atau prinsip – prinsip dasar suatu disiplin yang lebih baik daripada hanya memecahan persoalan praktis.
-          Dari berbagai pendapat yang ada diatas, dapat saya simpulkan penelitian merupakan sebuah usaha manusia untuk memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan metode ilmiah.


2. Alasan Ilmu dan Teknologi berkembang sedemikian pesat dan peran penelitian dalam perkembangan Iptek

            Ilmu dan Teknologi berkembang semakin maju seiring dengan pertambahan zaman. Perubahan dan perkembangan Ilmu dan Teknologi (IPTEK) bergerak dengan grafik yang sangat signifikan. Hal ini bermula dari pada zaman dahulu, ketika segala sesuatu masih sangat sulit dan susah untuk dilakukan, manusia mulai berfikir menggunakan kecerdasannya untuk mencari cara agar hidupnya menjadi lebih mudah. Dengan pengetahuannya, manusia mulai melakukan serangkaian percobaan – percobaan dan penelitian. Berdasarkan pengalaman dan hasil penelitian itu dan ketika penelitan dan percobaan itu berhasil, maka terciptalah hasil dari penelitian yang disebut teknologi.
            Teknologi tentunya semakin memudahkan setiap pekerjaan manusia. Sehingga disinilah manusia dengan kecerdasannya mulai melakukan penelitian lagi. Entah itu penelitian tentang hal yang baru, ataupun penelitian dengan revisi dari hal yang lama, pada akhirnya peran penelitian menjadi pencipta dan awal mula dari sebuah teknologi yang lebih maju dan modern. Sebuah teknologi yang lebih sempurna dari teknologi sebelumnya. Kemudian penelitian itu berlanjut pada masing – masing disiplin ilmu. Dari ilmu kedokteran, ilmu alam, ilmu fisika, ilmu astronomi, semua disiplin ilmu mulai memberikan sebuah teknologi yang baru pada masing – masing bidang tersebut.
            Ilmu dan Teknologi sebenarnya semakin berkembang karena telah menerobos 2 dimensi, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ketika penelitian telah menciptakan sebuah teknologi dimana ruang seakan sangat kecil dan dapat ditempuh dengan waktu yang sangat cepat. Komunikasi antar manusia menjadi tidak terbatas dengan teknologi hasil penemuan – penemuan pada bidang ilmu komunikasi. Ketika komunikasi menjadi tidak terbatas, informasi pun akan semakin mudah untuk didapatkan.
            Informasi yang didapat oleh sebuah pihak dari pihak sumber (dapat berupa hasil penelitian) akan dapat segera diolah dan diteliti kembali walaupun jarak dari sumber informasi sangat jauh. Setiap teknologi yang memiliki kekurangan akan diteliti kembali dan direvisi kemudian ada pula sebuah teknologi baru yang tercipta untuk kemudahan umat manusia. Penelitian pun menjadi semakin banyak dilakukan sehingga menghasilkan teknologi yang semakin banyak dan bervariasi. Karena perkembangan dan penelitian yang semakin banyak inilah mengapa Ilmu dan Teknologi semakin berkembang dengan sangat pesat.


Daftar Pustaka


·         Gusri. 2013. Definisi Ilmu, http://gusri.heck.in/definisi-ilmu.xhtml, (Diakses pada tanggal 11 September 2014).
·         Wikipedia. 2014. Ilmu, http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Wikipedia. 2014. Ilmu, http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pengetahuan&redirect=no, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Anonymous, Joe. 2013. Pengertian Pengetahuan, http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/07/pengertian-pengetahuan.html, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Wikipedia. 2013. Riset, http://id.wikipedia.org/wiki/Riset, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Sugiyono. 2003. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
·         Wikipedia. 2014. Teknologi, http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Admin. 2013. Pengertian Teknologi, http://www.pengertian.info/pengertian-teknologi.html, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Aingindra. 2014. Pengertian Teknologi, http://www.aingindra.com/pengertian-teknologi.html, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Kangmos. 2013. Pengertian Teknologi, http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-teknologi.html, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Anonymous. 2012. Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli, http://kata-edu.blogspot.com/2012/11/pengertian-penelitian-menurut-para-ahli.html, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Rizalfold. 2013. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, http://www.slideshare.net/rizalfold/perkembangan-iptek, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Yulianto S, Eko. 2011. Perkembangan IPTEK di Dunia, http://ekochayoo84.blogspot.com/2011/11/perkembangan-iptek-didunia-saat.html, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Maulidiasari, Rizka. 2012. IPTEK Serta Perkembangannya, http://rizkacil.wordpress.com/2012/06/03/iptek-serta-perkembangannya/, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)
·         Anonymous. http://kbbi.web.id/teliti, (Diakses pada tanggal 11 September 2014)

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,