Langsung ke konten utama

Pantai Melasti, Pantai Wisata Anak Sekolah dan Titik Paling Selatan Pulau Bali

 Ini adalah kali pertama aku pergi ke pantai ini. Pantai wilayah paling selatan pulau Bali ini menjadi salah satu rekomendasi dari sebuah konten di Tik Tok yang akhirnya membuat mbak tuti penasaran. didorong rasa penasaran kami memutuskan untuk mengunjungi pantai ini. begini reviewnya:

Tari Kecak Pantai Melasti
Sumber: Kecak Melasti – The Epic Balinese Fire Dance

Lokasi Pantai Melasti dan Tiket Masuk

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, lokasi pantai Melasti berada di wilayah paling selatan dari pulau Bali. Namun bukan hanya itu, berdasarkan fakta yang ada, pantai melasti menjadi titik paling selatan dari pulau bali sehingga ini adalah ujung selatan pulau bali. Jika postinganku yang sebelumnya pernah tentang review ujung bagian utara di Pulau bali yang sedikit dekat dengan rumahku di Buleleng, ternyata kami berkesempatan untuk sampai di ujung selatan Pulau Bali. lucunya aku sadar ketika aku melihat google map dan ada yang menandai bahwa lokasi tersebut merupakan lokasi titik paling selatan pulau bali.

Titik Paling Utara Pulau Bali --> Click for Link

tidak seperti pada bagian utara, titik paling selatan pulau Bali jauh lebih banyak yang dilihat dan menjadi salah satu wisata pantai yang digemari oleh wisatawan. berikut lokasinya melalui google map:

Lokasi Pantai Melasti --> Click for Link

Jalan akses menuju pantai Melasti sangat layak dan dengan jalan yang ukurannnya sangat lebar. hal ini juga dibuktikan dari banyaknya pengendara yang datang dan bahkan banyak pula pengunjung yang dtang menggunakan bus. tempat parkirnya sendiri pun sangat luar biasa besar sehingga tidak perlu takut untuk kehabisan tempat parkir di sini. terdapat 2 tempat parkir utama yaitu yang berada di Luar dan yang ada di dalam. 

TIket masuk dicek di gerbang utama yang berada di atas. Pantai melasti merupakan pantai yang berada di bawah tebing batu kapur dan jalan yang ada dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa turun ke bawah (di pantai). Harga tiket untuk masuk yang kami dapatkan adalah:

2 Orang Dewasa = Rp. 16.000,00 sehingga per orang Rp. 8.000,00

Parkir Mobil sebesar Rp. 5.000,00. 

dengan demikian total yang harus kami bayarkan untuk 2 orang dan menggunakan mobil adalah Rp. 21.000,00 

Info lain yang bisa aku sampaikan adalah bahwa pengunjung yang menggunakan motor per orang akan dikenakan tarif yang sama namun untuk kendaraan roda dua parkir sebesar Rp. 2.000,00

Pemandangan dari Atas

Begitu masuk di loket tiket, maka jalanan mulai menurun, namun pemandangan disini tidak kalah luar biasa. tampak atas dari pantai Melasti cukup indah dengan pemandangan dari atas tebing menghadap ke arah pantai secara langsung. ada beberapa sunset point yang cukup menjanjikan disini jika kalian ingin menikmati peandangan dari atas. keluar dari loket tiket akan ada beberapa spot foto yang indah dengan ornamen - ornamen patung di pinggir jalan. setelah itu jalanan akan menurun dengan cukup terjal sehingga pada area ini aku sangat tidak merekomendasikan jika kalian ingin berhenti sejenak di jalanan ini mengingat banyak kendaraan besar seperti bus yang melewati jalan ini.

Pemandangan dari Atas

tersedia tempat parkir walaupun tentunya terbatas dan lokasinya cukup jauh dari sunset poin, namun itu jauh lebih aman daripada parkir di pinggir jalan dengan kondisi jalanan menurun tajam.

Di Pantai

Pantai Melasti merupakan pantai yang memiliki pasir putih. ombak pecah jauh di sana sehingga hanya sedikit gelombang yang sampai di pinggiran pantai. kemudian ketika surut, kalian akan bisa melihat karang yang ada di pinggir pantai. ada beberapa hewan laut kecil yang bisa diamati seperti udang, bintang laut, ikan kecil dan lain sebagainya. tapi tentu saja tetap berhati - hati karena ada beberapa hewan beracun yang akan mengganggu jika terkena seperti bulu babi yang sempat aku lihat ketika menyusuri areal karang ini.

Suasana Pantai Melasti

Satu kata yang aku rasakan adalah padat. dengan banyaknya pengunjung di pantai Melasti ini nyatanya membuat pantai ini menjadi sangat padat. belasan bus datang dalam satu waktu yang membawa para siswa SMP, SMA dan lain sebagainya untuk berkunjung menikmati pantai melasti. belum lagi pengunjung lainnya yang datang menggunakan kendaraan pribadi. karena padat ini aku melihat pantai Melasti menjadi sulit untuk dinikmati. aku bahkan kesulitan mencari toko atau bahkan penjual minuman. ada beberapa tempat yang berada di pinggir pantai dan tempat tersebut sepertinya cukup eksklusif karena hanya beberapa pengunjung saja yang diperbolehkan masuk dengan membayar jumlah tertentu. selain itu, di pantai ini tepatnya di tempat yang tampak eksklusif tersebut menyediakan kolam renang sehingga pengunjung yang ingin berenang bisa berenang tanpa harus masuk ke laut.

Tari Kecak Pantai Melasti

Tari kecak merupakan salah satu tari tradisional Bali yang cukup terkenal dengan suara cak cak cak nya. aku sendiri pernah sekali menikmati tari kecak ini dan salah satu tips yang aku berikan adalah dapatkan kursi yang pas menghadap matahari terbenam karena disitulah spot foto yang paling indah. mengingat panggungnya berbentuk melingkar, maka berdasarkan pengalamanku cukup sulit untuk mendapatkan lokasi tersebut. tari kecak ini juga ada dan tersedia di pantai Melasti. Ditampilkan setiap jam 18.00 WITA di panggung budaya Praharsacitta. 

Masuk di sebelah pantai Melasti, kalian akan melihat sebuah gelanggang berbentuk Lingkaran dan disitulah tari kecak akan dilakukan. pemesanan tiket dapat dilakukan di lokasi tersebut, ada loket sebelum masuk ke dalam panggung budaya Praharsacitta. namun kalian juga bisa memesan tiket di Traveloka dan beberapa tiket online lainnya. ada juga booking langsung yang bisa kalian coba melalui website resmi pantai Melasti. harganya berkisar antara Rp.100.000,00 s.d. Rp. 170.000,00 bergantung dimana kalian memesan. berikut linknya:

Lokasi Panggung Budaya --> Click to google Map

Pemesanan Tiket Online:

Traveloka --> Beli Tiket Melasti Beach Kecak Dance Show - Promo 2023 di Traveloka

WA Tari Kecak Melasti --> Share on WhatsApp

Website Kecak Dance --> Kecak Melasti – Tiket Tari Kecak Bali (kecaktiket.com)

Website Kecak Melasti --> Kecak Melasti – The Epic Balinese Fire Dance


Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,