Langsung ke konten utama

5 Alasan Mengapa Keindahan Pantai Gunung Payung Cocok untuk Dinikmati Segala Usia

 Kembali lagi kali ini adalah salah satu review yang menjadi rekomendasi tempat berlibur di Bali. penjelajahan kami untuk mencari pantai yang indah membawa kami sampai di Pantai Gunung Payung di Bali. salah satu pantai yang berada di lokasi paling selatan dari pulau Bali. tentu saja pantai ini menjadi rekomendasi yang bisa menjadi pilihan untuk kalian ketika berkunjung ke Bali. Berikut alasan mengapa pantai ini menjadi rekomendasi untuk masuk list yang perlu kalian datangi ketika berkunjung ke bali.

Pantai Gunung Payung dari Atas

1. Akses Mudah, Parkir Luas

Kesulitan yang seringkali muncul ketika berkunjung ke pantai seperti pada review pantai Tanah Barak pada postingan sebelumnya adalah area parkir yang terbatas. khususnya untuk kendaraan roda 4 dan bagaimana kami harus memutar mobil ketika mengetahui jalur parkir yang tidak tersedia setelah turun. Pantai gunung payung dikelola dengan lebih baik sehingga ketersediaan parkir terjamin dengan areal yang cukup luas baik untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. 

Lokasi Pantai gunung payung aku sajikan dalam bentuk link dimana kalian bisa mengikuti google map tersebut hingga sampai pada tempat parkir yang disediakan.

Lokasi Pantai Gunung Payung   -- > Click to Google Map

sehingga untuk kalian yang membawa kendaraan bermotor, jangan khawatir dengan ketersediaan tempat parkir di lokasi ini.

Pantai dengan Pasir Putih

2. Banyak Tangga? Boleh Jalan Kaki dan Tersedia Transport Shuttle

Nah poin ini merupakan yang seringkali menjadi keluhan khususnya jika berlibur dengan keluarga baik orang tua maupun anak - anak. banyaknya tangga yang harus dilewati menuju pantai merupakan keluhan tersendiri. seperti pada review pantai green Bowl yang perlu untuk berjalan menuruni ratusan anak tangga, pada awal masuk di pantai gunung payung, kita akan menemukan loket pemesanan tiket shuttle. nah kita tidak diwajibkan untuk menaiki shuttle ini namun bisa menjadi opsi untuk kalian yang malas melewati ratusan anak tangga menuju pinggir pantai.

dengan harga hanya Rp. 15.000,00 per orang. ketika kita memilih menggunakan shuttle, kita akan dijemput di loket tersebut dan menyusuri jalanan yang telah dibuat khusus untuk roda 4. shuttle sendiri merupakan modifikasi kendaraan roda 4 dengan kursi sebanyak 6 baris. jalan yang ditempuh kurang lebih selama 5 menit saja hingga sampai pada titik penjemputan di pinggir pantai. Sedikit ekstrim jalannya namun pengemudi shuttle sudah sangat lihai dan hafal, tapi untuk keamanan tetap pegangan ya karena pada kursi penumpang tidak tersedia sabuk pengaman. 

Shuttle Menuju Pantai

disisi lain jika memilih jalan kaki, kita bisa masuk melalui pintu berupa goa dan berjalan menyusuri anak tangga. kurang lebih selama 15 menit hingga sampai di pinggir pantai. mungkin lebih cepat tergantung stamina dan fisik masing - masing orang. nah permasalahannya adalah saat naik, untuk kalian yang merasa kondisi fisik kurang, saranku gunakan fasilitas shuttle tersebut. tangga yang cukup tinggi sangat menguras tenaga ketika kembali, namun dengan menggunakan shuttle, kalian bisa menunggu di titik penjemputan di bawah dan menghubungi petugas shuttle dari nomer yang diberikan sebelumnya. 

Shuttle dari Pantai Menuju Tempat Parkir

3. Berenang dan Kayak

Pantai gunung payung memiliki tipe yang mirip dengan pantai Green bowl dimana ombak besar telah pecah terlebih dahulu di kejauhan sehingga air yang sampai di pinggir pantai relatif tenang. selain itu, di pantai ini dipasang pula break water yang digunakan untuk memecah ombak. sehingga dari segi ombak, pantai ini memang cukup aman untuk berenang. selain itu, di pantai ini juga tersedia kayak yang bisa disewa dengan harga Rp. 50.000,00 per jam. 

Petugas juga tersedia untuk mengawasi sehingga jangan khawatir dengan keamanan. namun tentu saja untuk pengguna sewa kayak, ada batasan jarak yang harus dipatuhi seperti jangan terlalu dekat dengan sisi tebing maupun terlalu jauh ke arah ombak pecah di kejauahan karena akan membahayakan pengunjung.

Pemandangan Pantai

4. Tempat Makan dan Pemandangan Indah

Pasir putih yang menyelimuti pantai memberikan nuansa indah pada salah satu pantai dengan pasir putih di bali ini. pemandangan tebing dan goa kapur yang terbentuk karena erosi menjadikan pemandangan sekitar pantai sangat eksotis. walaupun pantai ini tidak terlalu menghadap ke arah sunset, sehingga ketika sunset akan tertutup oleh sisi bukit, namun tidak mengurangi keindahannya. 

terdapat beberapa tempat makan yang tersedia khususnya ketika turun dari shuttle (tempat penjemputan shuttle). lokasinya yang masih sedikit diatas memungkinkan kita untuk menikmati keindahan pantai dari atas. ada opsi juga untuk menggunakan paralayang namun aku tidak berkesempatan untuk melakukan review pada salah satu fasilitas tersebut.

Resto yang Tersedia

5. Pemandangan Menakjubkan dari Atas, Ada Tempat Panggung Pertunjukan

setelah loket pemesanan shuttle, kalian akan masuk goa kapur jika memilih untuk berjalan kaki dan setelahnya adalah gelanggang teater yang sudah cukup lama dan tampak kurang terawat. mungkin tempat ini menjadi salah satu opsi jika ingin melihat pertunjukan tari kecak seperti pada pantai melasti yang telah aku review sebelumnya. namun aku tidak akan membicarakan tentang bagaimana tidak terawatnya lokasi panggung pertunjukan ini namun pemandangan dari atas sini terlihat sangat indah. tampak tebing tinggi dengan pemandangan ombak dari kejauhan, sangat indah.

Panggung pada Pantai Gunung Payung

Panggung yang Kurang Terawat

Pemandangan Keluar goa

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,