Langsung ke konten utama

Toleh Toleh


                Tak segalanya sejalan dengan apa yang kita inginkan, tak segalanya pepatah katakan itu benar ketika kita bisa dan mau berfikir dengan logis dan menurut suatu fakta yang ada. Pepatah memang sebuah kata yang bijak, tapi sekarang bahkan anak SD sudah bisa membuat kata yang bijak. Jaman sudah berubah, semua sudah berubah, Anak SD bahkan sudah mengerti apa yang disebut laptop dan internet. Hal ini juga pastinya bergantung bagaimana mereka mengolah data atau pun informasi yang telah  mereka dapatkan.
Ada pepatah mengatakan “janganlah kau menoleh kebelakang karena kau tak akan pernah maju kedepan”. Menurut pandanganku, kata – kata tersebut sangatlah salah. Seperti yang kita ketahui, apa yang kita toleh ternyata memiliki arti masing – masing. Berikut adalah info tentang beberapa arti apa yang kita toleh. By (yuangga rizky illahi)

¤═════¤۩۞۩¤═════¤

Toleh ke belakang. Pasti yang terfikir adalah masa lalu. Memang sedemikian itu artinya. Kemudian toleh ke depan berari masa depan. Hanya saja, kita tak pernah salah jika kita ingin menoleh ke belakang.  Apa yang ada di belakang adalah apa – apa yang telah kita raih. Berbagai kenangan dan pengalaman kita ada di belakang. Pembelajaran penting, kesalahan dan segala yang telah lalu ada di belakang. Apa yang buruk di belakang patut kita tengok sesekali untuk menjadi motivasi diri agar tak terulang. Kemudian apa yang indah dan baik di belakang patut pula kita kenang agar kita ingat apa yang kita raih dan berusaha lebih dari apa yang telah kita raih dibelakang.
Depan oh depan. Masa depan hal yang tidak akan pernah kita ketahui tapi kita bisa menentukannya. Hal yang ada di depan ibarat jalan – jalan yang banyak yang perlu kita pilih yang kemudian kita lewati. Memang untuk memilih ke depan sekali lagi tak bisa jika tak menoleh ke belakang agar tak terjadi kesalahan jika belakang pernah salah.
Memang 2 yang diataslah yang paling sering kita dengar. Tapi sebenarnya ada 3 arah lagi yang bisa kita toleh. Salah satunya samping. Tolehlah ke samping, itu adalah orang – orang yang mengiringimu menuju kemanapun kamu ingin. Mereka – mereka yang ada di sekitarmu, meskipun terkadang samping kita bisa pula menjerumuskan kita. Oleh sebab itu, tolehlah ke samping dan tempatkan dirimu pada sampingmu yang kira – kira cocok dan pas serta bisa menjadi pendamping yang tak akan menjerumuskanmu.
Ada pula toleh ke atas bawah. Kita hidup selalu berusaha menuju ke atas, atas adalah apa yang kita cita – citakan.  Apa yang lebih dan apa yang masih tak kita miliki dan kita berusaha meraihnya. Diatas ada juga orang dan biasanya orang yang ada di atas lebih sukses dari pada kita. Apa yang ada di atas dapat menjadi motivasi untuk diri kita sehingga kita bisa lebih maju. Apa yang ada diatas dapat menjadi tauladan yang baik sehingga kita mau berusaha menjadi baik bahkan menjadi lebih baik dari apa yang telah ada di atas kita.
Bawah dan bawah. Bawah kita seperti apa yang lebih rendah daripada kita, seperti apa yang kita miliki tapi orang lain tak miliki. Menoleh kebawah terkadang membuka 2 sifat yang ada dalam diri kita. 1. Iba atau rasa belas kasih kita akan muncul pada apa yang ada di bawah kita 2. Sombong. Sifat ini muncul tergantung bagaimana kondisi dan situasi kita saat itu. Harus kita ingat, Hidup ini seperti roda yang berputar, kadang ada di atas dan kadang ada di bawah. Dan semakin ke atas, angin akan semakin kencang menerpa kita, oleh karena itu jika sewaktu – waktu kita jatuh ke bawah, janganlah menyerah. Hal itu alami dan yang harus kita lakukan memperbaiki diri dan berusaha bangkit.

¤═════¤۩۞۩¤═════¤

Aku mungkin tak sepintar orang S3, orang bergelar doktor, ilmuan – ilmuan. Tapi disini aku belajar. Disini aku berkarya dan berkerja. Sedikit apa yang kufikirkan ini semoga dapat membuka pintu pikiran dan memberikan inspirasi  bagi pembaca. J Yuangga Rizky Illahi

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,