Langsung ke konten utama

HOSCOK HalBil Part 1

Hoscok, saling bermaafan pada lebaran kali ini. Cerita ini dimulai ketika aku menjadi sangga kerja untuk menyiapkan segala persiapan untuk halal bi halal yang di laksanakan di kecamatan tempursari kabupaten lumajang. Kenyataan bahwa persiapan yang seharusnya dilakukan sehari sebelum kegiatan mungkin kurang untuk kegiatan kali ini. (menurutku). Kami telah bersiap untuk berangkat ke rumah mufid yang berada di salah satu kecamatan paling selatan di kabupaten Lumajang. Sebenarnnya ada 6 orang yang seharusnya berangkat terlebih dahulu menuju rumah mufid. tapi sayang banget banyak yang berhalangan.

Salah satu yang berhalangan adalah temanku anshar, dipanggilnya anshor. Dia ke batu bersama ras arabnya. yang ke 2 Imani, dia cewek, tapi perkasa kayak cowok, jarang mandi dan.. weh weh pokoknya. Yang ketiga ini aku yang bingung, Dinda. entah ketika ditannya untuk gantikan Imani menuju ke tempursari dianya kagak mau. -,-" Akhirnya tinggal 3 yang siap berangkat menuju ujung selatan kabupaten Lumajang.

23 Agustus 2012, Kami sudah siap berangkat, karena keterbatasan motor akhirnya aku yang mengalah untuk naik naik bis. Sedangkan 2 temanku yang lain naik motor sambil mengurusi banner kegiatan kala itu. Mereka berdua adalah Firo dan Dhimas. Dan rencananya kami nanti akan dijemput oleh tuan rumah, Mufid. Setelah transit dulu di Pasirian.

Hari sudah mulai siang, karena mereka berdua sudah siap (menurutku). dan aku sendiri yang naik bis, jadi kuputuskan untuk berangkat dahulu, begitu juga dengan mufid yang juga ikut berangkat dulu juga untuk menungguku di Pasirian. Sepanjang jalan kami berempat masih saling nyemes (smsan). Aku terus kontak mufid untuk cari tahu sampai dimana dia. Tiba - tiba dia bilang "Ngga, Firo budal sesuk ono" (ngga Firo berangkat besok gitu). Waduh????!!! Aku udah di bis, bayar 10.ribu, udah setengah perjalanan, masa mau balik? giile, kuputuskan buat berangkat dulu walau tanpa mereka berdua. Toh mufid juga masih mau jemput aku. hehe

Galau emang berangkat sendirian, tapi mau gimana lagi? mereka harus mengambil banner pada jam 8 malam. masa mau berangkat jam segitu? jadinya mereka putusin buat stay dulu di Lumajang dan baru besok subuh mereka berangkat. Sial banget akhirnya, aku terpaksa di sana sendirian. Pertigaan pasirian, begitu aku menyebutnya pada pak kernet. Dan dia menurunkan aku di salah satu pertigaan yang aku bahkan gak tau di jalan apa aku. Sempat terfikir aku akan balik aja, tapi nginget udah 10.ribu melayang, mending stay aja wes.

Gak lama setelah aku stay di pertigaan itu. (gak lama, hampir 1 jam -.-") Tuan rumah yang ditunggu - tunggu datang dengan model kayak rapper, kacamata item n pake topi. Gaya idih. Tapi tampang pas - pasan. hahaha. Senyum - senyum ketika liat aku duduk di pertigaan itu. Kemudian kami makan bakso sejenak sebelum benar - benar berangkat menuju tempursari.

"Tempursari itu seperti mangkok" kata Om priyo. "Dikelilingi Gunung" kata mas Hendra. Nah, kebayang pasti kan, apalagi di selatannya ada pantainnya. Kata mufid "jalannya udah enak kok". ternyata emang bener, walau jalan pedesaan, masih mulus kayak muka aku. :P terus selama perjalanan kami juga disuguhi pemandangan indah banget. Mendaki gunung, lewati lembah, ombak menggulung indah di samudra? Lho? lagunya ninja hatori ini. wkwkwk. Pokoknya asik banget wes. Disitu aku benar - benar menikmatinnya. Sampai di perjalanan bertemu dengan mas Dedik, seorang pembina pramuka level siaga (SD). Dia ternyata galau, dia bolang sampai tempursari, habis dari rumahnya temennya buat bertamu, eh temennya gak ada, terus sekarang mau pulang, akhirnya karena kasihan, dia kami ajak untuk nginap juga di rumahnnya mufid.

Sampai juga di Tempursari, ternyata deeh, tempursari gak sesempit yang aku bayangkan. emang dikelilingi gunung, cuma daerah selatannya aja gak ada gunungnya cos kan laut. Rumah mufid ada di daerah yang namannya tegalrejo (kalo gak salah). Dan akhirnya setelah perjalanan panjang dari lumajang - pasirian - pertigaan gak jelas - akhirnya sampai di tempursari. :)

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,