Langsung ke konten utama

Survival Mahasiswa

Udah lama banget deh rasanya gak posting. -- sekarang udah pake cara baru, jadi postinganku aku buat dari hape, pertama karena lebih praktis, kedua, karena koneksi internet melalui laptop lebih lama. Ditambah lagi dengan aku yang sekarang paketan. Hehe. Sebuah perkembangan baru bukan.

Baiklah, sekarang aku akan bercerita tentang survive. Bukan survive di alam, tetapi survive di kota. Khususnya untuk mahasiswa.

Jauh dari orang tua membuat kita para mahasiswa perantau harus mulai memutar otak untuk berfikir tentang money management. Kecuali mereka dengan budget besar yang bisa digunakan untuk banyak hal, survive bukan kehidupannya. Tetapi untuk mereka dengan budget minim, survive berarti benar benar bertahan hidup.

Orang tua memang input untuk kita. Supplier income kita. Tetapi ketika kalian banyak meminta, pikirkanlah tentang kehidupan mereka disana, mungkin kamu punya saudara yang masih sekolah? Jika iya. Pikirkan mereka. Berat bukan menjadi orang tua ketika harus menanggung semua itu. Jadi kita sebagai anak yang berusaha untuk berbakti harus mulai memikirkan hal tersebut. Management adalah cara termudah untuk kita mahasiswa untuk membantu orang tua kita.

Bagaimana?

Banyak dan telah terbukti bahwa pengeluaran terbesar berasal dari perut. Makanan memang merupakan hal yang paling krusial. Makanan memang kebutuhan pokok paling pokok. Masalah perut memang tidak seberapa untuk harga satuannya, tetapi dengan menumpuknya kebutuhan dan di akumulasi, makanan menjadi kebutuhan yang paling banyak memakan biaya.

Untuk menanggulanginya, kita bisa menggunakan siasat beras dan masak sendiri, hal itu menjadikan kita lebih hemat dan mandiri
Tetapi ada kalanya kita berada dalam situasi yang sibuk dan malas untuk masak, maka solusi terbaik adalah ketahui warung yang murah dan bisa terjangkau dan yang terpenting menyehatkan.

Hal yang sangat aku sarankan untuk dihindari adalah konsumsi mie. Banyak yang bilang bahwa mie instan adalah kebutuhan pokok daripada mahasiswa (anak kos). Padahal jika dipikir lebih dalam, konsumsi mie instan selain dapat membahayakan ketika dikonsumsi dengan jumlah yang besar, kuantitas energi yang didapat dengan memakan mie instan lebih sedikit daripada roti maupun nasi dengan kuantitas yang sama. Pikirkan juga tentang bahan pengawet yang terkandung di dalam mie instan tersebut. Belum lagi dari segi pengeluaran dan waktu, mie instan jauh lebih boros dibandingkan nasi dan roti.

Saran terbaik adalah hilangkan atau kurangi konsumsi mie instan. Itu akan lebih menyehatkan dalam kondisi jangka panjang.

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,