Langsung ke konten utama

Pesona Air Terjun Sekumpul, Hidden, dan Fiji

Air Terjun Sekumpul dan Fiji dari Atas
(Samsung Galaxy Note 20, Ultra Wide Lens)


Di pulau Bali bagian utara, tepatnya di Kabupaten Buleleng cukup terkenal dengan wisata air terjun yang beraneka ragam. Sisi utara dan tengah pulau Bali memang didominasi dengan pegunungan baik pada areal Buyan Beratan, Batur, dan Agung. Dimana ada pegunungan, biasanya akan muncul air terjun. Beberapa dari air terjun itu cukup terkenal hingga ke mancanegara dikarenakan keindahannya. Salah satu atau beberapa diantaranya adalah kompleks air terjun sekumpul. 

Aku sebut sebagai kompleks air terjun dikarenakan pada lokasi ini terdapat beberapa air terjun yang terbentuk dari beberapa anak sungai yang ada. Diantaranya adalah air terjun sekumpul, air terjun hidden atau secret waterfall, dan air terjun fiji. Ketiga air terjun ini memberikan kesan yang berbeda dan mempunyai daya tariknya masing - masing. Pada postingan kali ini, aku ingin mengulas ketiga air terjun ini yang letaknya sebenarnya tidak terlalu jauh dari proyek bendungan Tamblang yang telah diresmikan oleh presiden Joko Wododo pada bulan Februari lalu.

LOKASI DAN AKSES

Lokasi dari air terjun ini berada di kabupaten Buleleng, tepatnya berada di desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Lebih mudahnya seperti biasa akan aku sajikan link google map yang bisa diakses sebagai berikut:

Lokasi Air Terjun Sekumpul --> Klik Disini!

Lokasi ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari lokasi 3 danau terkenal di Bali yaitu Buyan-Beratan-Tamblingan. Terus ke arah singaraja, kemudian ada belokan ke arah kanan jika anda berangkat dari arah danau. Selain itu jika anda menggunakan mobil, dari arah bandara i gusti ngurah rai hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam 30 menit saja. Para wisatawan seringkali kelokasi ini bersamaan dengan wisata ke lovina sehingga air terjun ini menjadi salah satu pilihan menarik apabila anda berlibur di pantai lovina.

Akses lokasi menuju areal air terjun tergolong mudah dikarenakan sepanjang jalan hingga tempat parkir sudah jalan beraspal yang bisa dilalui oleh mobil walaupun jalanan yang tidak terlalu besar sehingga butuh sedikit ekstra hati - hati. Ada beberapa tempat juga yang memiliki kemiringan jalan yang cukup terjal sehingga pastikan rem dan kesehatan mobil atau motor sebelum berkendara.

Terdapat beberapa loket yang berbeda, namun saranku adalah gunakan titik google map yang aku berikan karena titik tersebut merupakan titik yang paling dekat dan loket yang terjamin. Tersedia juga guide di loket dan mereka akan memberikan anda tawaran itu. Hal ini dikarenakan setelah areal parkir ini anda harus jalan menuju air terjun dan bisa disebut short trekking dikarenakan jalan setapak yang dilalui cukup panjang. Jika anda menggunakan jasa guide, maka anda akan diberikan ojek yang include beserta dengan guide hingga titik terjauh yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor (hanya orang lokal yang boleh mengakses hingga titik ini). Kemudian jalanan berubah menjadi jalan setapak yang cukup panjang. Jadi pastikan untuk membawa air yang cukup yaaa.

AIR TERJUN SEKUMPUL

Air terjun sekumpul merupakan salah satu air terjun yang dituju. Aku mulai dari air terjun ini dikarenakan air terjun ini yang sering menjadi headline dari para penggemar air terjun dan menjadi objek andalan dari kompleks air terjun ini. Melalui trekking yang cukup melelahkan, pertama kali yang terlihat adalah air terjun sekumpul ini dimana tampak juga dari kejauhan air terjun fiji sebagaimana ada di gambar paling awal dari postingan ini.

Air terjun sekumpul merupakan kumpulan dari beberapa anak sungai yang jatuh dan menjadi 1 di beberapa lokasi. Mungkin jika disebut sekumpul karena air terjun ini seperti kolektif dari beberapa air terjun. Aku melihat seperti versi mini dari air terjun coban sewu di Jawa Timur. Jika anda pernah datang dan menyaksikan keindahan coban sewu di Jawa Timur, maka air terjun sekumpul ini seperti hanya 1/4 dari air terjun itu. Air terjun sekumpul sendiri merupakan salah satu destinasi turis asing yang menarik karena di air terjun ini kita diperbolehkan untuk mandi dan menikmati segarnya air khas pegunungan pulau Bali. Bagi wisatawan mancanegara yang tidak biasa dengan panasnya udara iklim tropis, mendinginkan diri di air terjun adalah salah satu opsi yang sangat menggiurkan. Jadi jangan kaget jika kalian ke sini kemudian melihat banyak wisatawan yang telah siap dengan pakaian renang mereka dan berjalan di sepanjang jalur trekking.

Air Terjun Sekumpul
(Samsung Galaxy Note 20, Ultra Wide Lens)

AIR TERJUN HIDDEN (SECRET WATERFALL)

Air terjun selanjutnya adalah air terjun yang tidak bisa dilihat dari atas. Jika kalian scroll ke foto paling awal di postingan ini, kalian hanya akan melihat 2 air terjun. Namun sebenarnya di kompleks air terjun ini terdapat 1 lagi air terjun yang tersembunyi. Tidak seperti air terjun lainnya, air terjun ini cukup jauh masuk ke dalam dan harus menyusuri sungai sehingga waspada akan cuaca adalah sebuah keharusan apabila kalian ingin mengunjungi air terjun ini. Jika cuaca menunjukkan hujan, maka rekomendasiku adalah urungkan niat mengingat tidak ada tempat berlindung jika banjir tiba tiba saja datang. Tapi tenang, petugas akan mengingatkan apabila dirasa cuaca buruk, biasanya seluruh kompleks air terjun akan ditutup atau diberikan batasan waktu.

Air terjun secret waterfall sesuai namanya cukup membutuhkan perjuangan karena harus menyusuri sungai dengan batuan dasar yang licin. Selain itu kalian harus berhati - hati pula terhadap beberapa kayu yang dapat merobek kaki jika sedang menyusuri sungai. Namun perjuangan kalian akan terbayarkan dengan keindahan air terjun ini. Sebuah air terjun tunggal yang cukup tinggi terjatuh diantara tebing andesit yang kokoh. Cahaya matahari sulit masuk ke areal tebing ini secara langsung namun semerbak keindahannya masih terpancar. Aku menikmati waktuku disini dan mengambil cukup banyak gambar di air terjun ini. Kemungkinan akan aku buat postingan khusus karena bagiku highlight dari kompleks ini secara fotografi aku jatuhkan pada air terjun yang satu ini.

AIR TERJUN FIJI

Entah apa yang mendasari nama air terjun yang seperti nama jepang ini. Tapi aku memberikan poin tertinggi pada air terjun ini lantaran air terjun ini mengingatkanku pada trisula poisedon di film Percy Jackson. Air terjun yang sebenarnya terdiri dari 3 air terjun yang berbeda dan jatuh pada tebing yang sama seperti tombak dari poisedon. Air terjun ini sepertinya dikelola oleh desa yang berbeda karena jika kalian masuk ke kompleks air terjun ini tanpa menggunakan guide, maka kalian diwajibkan untuk membayar biaya lain yang loketnya ada di jalur trekking dari air terjun sekumpul menuju air terjun fiji. 

Suara deburan air yang menghantam batuan dari 3 air terjun benar benar menjadi sensasi yang memukau di sini. Ada sebuah jembatan kayu yang menjadi salah satu spot menarik karena seluruh butiran air yang menghantam batu terbawa angin dan mengarah pada jembatan kayu tersebut. Sehingga siapkan baju ganti karena jika kalian melalui jembatan kayu ini, maka siap siap untuk basah kuyub jika berdiri terlalu lama. 

3 Air Terjun Fiji
(Samsung Galaxy Note 20, Ultra Wide Lens)

Air Terjun Fiji
(Samsung Galaxy Note 20, Ultra Wide Lens)

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,