Langsung ke konten utama

Seafood Cak Ibad dan Bebek Telur Asin Singaraja

 Kabupaten Buleleng yang berada di bagian utara dari pulau bali memiliki ceritanya sendiri. Kabupaten yang dikenal dengan kota Singaraja dan memiliki prosentase jumlah penduduk muslim tertinggi di Bali ini merupakan kota yang unik. Sebagai seorang muslim, tentunya makanan Halal menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan dan di Bali yang notabenya didominasi oleh penduduk yang beragama Hindu dan terdoktrin untuk masyarakat suku Jawa bahwa jika di Bali harus berhati - hati dalam memilih tempat makan nyatanya tidak sesulit itu. Bahkan sebagian besar masyarakat Bali yang beragama Hindu juga telah mengerti batasan untuk umat muslim. namun tidak hanya itu juga, banyak sekali penduduk luar Bali yang telah menetap di Bali dan membuka warung makan seperti sate madura, roti bakar bandung, nasi goreng, bakso solo, dan tentunya lalapan dan seafood. salah satu yang menjadi unggulan di Singaraja adalah seafood Cak Ibad yang menyediakan makanan seafood dengan berbagai pilihan saus dan tentunya yang paling aku suka, Bebek Telur Asin. Berikut Reviewnya

Bebek Telur Asin Seafood Cak Ibad

Lokasi dan Jam Buka

Seafood Cak Ibad bukan membuka warung atau toko. tapi lebih tepatnya seafood ini berdiri di halaman toko telah melewati jam bukanya dan dibuka bersama dengan berbagai pilihan menu makanan lainnya. Hal ini sering terjadi di Indonesia khususnya mereka yang membuka usaha makanan namun masih belum memiliki tempat yang tetap dan mereka memutuskan untuk menyewa halaman depan dari sebuah toko. Seafood Cak Ibad sendiri berada di halaman Bengkel mobil yang bernama Bengkel Sama Jaya. lokasinya ada di kota Singaraja di seberang DIY Singaraja. lebih mudahnya akan aku bagikan seperti biasa link menuju google map sebagai berikut:

Lokasi Seafood Cak Ibad --> Klik Link untuk Menuju Google Map

jadi dikarenakan lokasi Sea Food Cak Ibad yang tempatnya berada di usaha lain, maka pastikan datang sesuai jam buka sebagaimana pembagian waktu buka yang tercantum sebagai beriut:
- Bengkel Sama Jaya
Buka Pukul 08.00 WITA
Tutup Pukup 17.00 WITA

- Seafood Cak Ibad
Buka Pukul 17.00 WITA
Tutup Pukul 02.00 WITA

tapi dari beberapa pengalaman selama aku beberapa kali membeli, biasanya jam 17.00 WITA, seafood Cak Ibad masih persiapan dengan menata meja dan sebagainya sehingg lebih cocok jika datang sekitar 18.00 WITA. selain itu untuk jam tutup sendiri sebenarnya cukup fleksibel dikarenakan seringkali Seafood Cak Ibad akan tutup lebih awal jika bahan baku yang disiapkan untuk menu telah habis terlebih dahulu. umumnya jam 21.00 WITA beberapa menu akan habis dan Seafood Cak Ibad benar - benar tutup pukul 23.00 WITA. 
Suasana Seafood Cak Ibad ketika Buka


Faktor lainnya mengenai lokasi dari seafood Cak Ibad adalah lokasi bukanya yang berada di halaman bengkel yang cukup luas. sehingga jangan bingung jika pada lokasi tersebut terdapat tahu tek, martabak, nasi goreng, dll. Namun seafood Cak Ibad berada di barisan paling belakang dengan meja kursi yang berjajar memanjang.

Suasana Tempat Makan

Suasana tempat makan dari seafood cak ibad sesuai dengan lokasinya berada di pinggir jalan. aku tidak akan memberikan rekomendasi ini jika kalian ingin makan di tempat yang sedikit fancy mengingat ini di pulau Bali. tapi Seafood Cak Ibad berada di pinggir jalan sehingga suasana jalan Singaraja - Gilimanuk menjadi pemandangan utamanya. walaupun secara rasa boleh diadu, namun bahkan meja dan kursi yang disediakan cukup sederhana khas tempat makan kaki lima di pinggir jalan.

Seafood Cak Ibad Singaraja

Disini sebenarnya terdapat beberapa pedagang lain yang menjual menu lainnya seperti Tahu Tek, Martabak, dan bahkan Nasi goreng. sesekali aku melihat ada yang menjual gorengan ataupun pempek. sehingga akan ada pembeli lain yang berkeliaran namun jika kalian membeli makan di Seafood Cak Ibad ini, menu yang tersedia ada di meja sehingga pemesanan akan langsung dilakukan di kasir sebelum berlanjut ke tempat duduk yang disediakan. Kalian bebas untuk memilih temapt duduk manapun yang nantinya list menu akan disesuaikan oleh pegawai Cak Ibad. tidak banyak anjing yang ada disini dan bahkan selama aku makan disini tidak pernah satu kalipun aku melihata njing yang berkeliaran dan menggangguku sewaktu makan. sehingga untuk kalian yang tidak suka anjing entah karena najis ataupun memang tidak suka, tidak usah khawatir terkait hal tersebut disini.

Menu Makanan dan Minuman
Makanan yang bisa dipesan disini adalah makanan seafood sebagai menu utamanya sesuai dengan nama Seafood Cak Ibad. Menu makanan yang bisa dipesan antara lain:
1. Kepiting
2. Rajungan
3. Lobster laut
4. Lobster tawar
5. Cumi - cumi
6. Kerang
7. Ikan laut
8. Udang
9. Lele
10. Gurami
11. Nila

Selain itu ada pula makanan unggas yang bisa dipesan yaitu ayam dan bebek sebagai menu utama. Semua makanan itu dikombinasikan dengan berbagai saus dan bumbu antara lain:
1. Asam manis
2. Saos Tiram
3. Saos padang
4. Goreng mentega
5. Telur asin (salted egg)

Menu seafood Cak Ibad
Diambil 27 Maret 2023 (harga dan rincian bisa berubah sewaktu- waktu)

Khusus saos dengan salted egg atau telur asin di beberapa menu terkena biaya tambahan. Tapi biarkan aku sedikit mereview tentang ini karena ini adalah saos favoritku. Jika kalian pernah makan mie instan salted egg yang entah kenapa sekarang tidak pernah lagi aku jumpai, rasanya benar benar mirip dan dengan beberapa bumbu tambahan aku rasa itu jauh melebihi rasa kemasan. Rasa asin dari telur asin yang diaduk menjadi saus benar benar sangat nikmat. Kesukaanku adalah menu bebek telur asin yang dihargai 35 ribu per ons. Biasanya disajikan dalam bentuk bebek 1/2 sehingga dengan harga sedemikian tidak perlu diragukan lagi jumlah dagingnya. Dikombinasikan dengan saus telur asin, bebek akan disajikan dengan suhu yang masih panas sehingga rasa gurihnya maksimal.

Ayam dengan Saos Asam Manis


Saus lain juga tidak kalah sedap. Seperti mbak Tuti yang memesan ayam goreng dengan saus asam manis. Rasanya sungguh menggoda. Terkadang aku juga memesan dengan varian rasa lain karena seringkali menu telur asin habis. Jadi saranku datang sedikit lebih awal karena varian telur asin ini sangat populer dengan jumlah yang terbatas. Bagi kalian yang kehabisan dan pecinta rasa pedas seperti aku, maka varian yang paling tepat adalah saus padang yang cukup nendang rasanya.
Bebek Telur Asin

Untuk minuman sendiri di sini cukup terbatas. Aku sedikit menilai kurang untuk minumnya karena hanya tersedia teh, jeruk, dan air mineral. Selain itu pengemasan dalam bentuk plastik sangat tidak aku suka dan jujur saja rasanya B aja.

Selain itu dalam satu porsi, kalian bisa menambah tambahan lain yang disajikan seperti:
1. Ceker pedas 
2. Cah kangkung
3. Plecing kangkung
4. Kol tiram
5. Jamur tiram
6. Tahu
7. Tempe
8. Terong

Kol Saus Tiram

Oh iya, untuk 1 porsi masih belum terhitung nasi, sehingga kalian wajib pesan nasi ya jika ingin merasakan nikmatnya campuran gurihnya saos telur asin dengan nasi yang panas. 

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,