Langsung ke konten utama

Warung Kopi Merapi, Nongkrong Asik di Lereng Gunung Merapi

 Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia dan bahkan dunia. beberapa kali letusan gunung Merapi terjadi dan menelan korban. namun keindahannya masih tidak bisa terbantahkan dan ada satu lokasi yang bisa menjadi rekomendasi tempat untuk menikmatinya yaitu kafe Kopi Merapi berada di lereng sebelah selatan gunung Merapi. kafe yang sudah berdiri cukup lama dan menjadi saksi bisu dari dahsyatnya letusan gunung Merapi dan begitu pula segala keindahannya.

Warung Kopi Merapi

Kopi Merapi menjadi lokasi yang strategis untuk menikmati gunung merapi. namun berikut 4 hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kopi merapi sebagai lokasi nongkrong kalian:

1. Akses Mudah dari Yogyakarta

Jika kalian berada di Yogyakarta, pada siang hari di Yogyakarta terasa cukup panas. sehingga seringkali orang - orang pergi ke utara untuk menikmati keindahan gunung merapi sembari mendinginkan diri. suhu daerah ketinggian di lereng gunung bisa menjadi alternatif untuk menikmati perjalanan di Yogyakarta dan salah satunya adalah kopi Gunung Merapi yang secara administrasi berada di Kepuharjo, Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. 

Menggunakan kendaraan roda 4, hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit dari Pusat Kota Yogyakarta. sehingga dengan lokasi yang relatif cukup dekat kafe Kopi Merapi menjadi pilihan saat berlibur di kota Yogyakarta. untuk lebih lengkapnya aku sajikan link google map sebagai berikut:

Warung Kopi Merapi --> Link to google Map

Pemandangan Gunung Merapi

2. Tempat Luas dengan Berbagai Pilihan Tempat Duduk untuk View yang Indah

Warung Kopi merapi merupakan sebuah tempat yang terbilang cukup luas untuk warung kopi. dari segi tempat parkir hingga area untuk nongkrong memiliki beberapa tempat yang bisa dipilih dengan view yang berbeda pada masing - masingnya. sehingga untuk kalian yang pergi dengan menggunakan kendaraan roda 4 jangan khawatir kehabisan tempat parkir disini. Menu yang sudah tersedia di depan dan kita tinggal mengisinya dan memberikan ke kasir. membawa nomer tempat duduk sembari memberi tahu dimana kita akan duduk. hal ini diperlukan karena memang luasnya tempat ini. 

Variasi pilihan tempat duduk yang beraneka dari dudukan kayu yang ada pada indoor, ada pada teras, dudukan batu yang terbuka, hingga gubuk gubuk kecil. aku bahkan sampai kebingungan namun tentu saja pilihan akhirnya jatuh pada lokasi yang memberikan view gunung Merapi yang paling indah. intinya membawa banyak orang pun sepertinya masih akan cukup disini.

Parkir Motor dan Pemandangan Gunung Merapi

Tempat Duduk Teras dan Batu

Parkir Mobil Warung Kopi Merapi

3. Makanan Murah Khas Yogyakarta

Salah satu keunggulan liburan ke Yogyakarta adalah makanan dan minuman yang terjangkau. Angkringan dan gorengan umum ada di sini dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. begitu pula dengan makanan dan minuman yang disediakan di Warung Kopi Merapi. Menu yang disediakan telah disediakan dalam bentuk kertas di depan dan cukup diisi sesuai dengan pemesanan dan diberikan kepada kasir. pada Warung Kopi Merapi sebenarnya terbagi menjadi 3 hal yaitu Minuman, Snack, dan Makanan di menu tersebut dengan harga variasi antara Rp. 4000,00 s.d. Rp. 13.000,00. 

Kemudian untuk makanan, ada pula angkringan yang dijual terpisah dari menu yang ada. jadi kalian harus pergi ke kasir, kemudian mengambil makanan seperti sate, gorengan, dan lain sebagainya khas angkringan di depan kasir. kemudian kasir akan mencatat dan menambahkan total biaya dengan menu yang ditulis tadi. namun tentu saja semuanya masih tergolong sangat murah. sebagai gambaran, kami menghabiskan sekitar Rp.60.000,00 dan kami berdua sudah sangat kenyang.

Lembar Menu Warung Kopi Merapi

Bagian Angkringan

Menu Makan Siang

4. Berjalan Menuju Sejarah Letusan Merapi

Jujur saja aku tidak berharap banyak awalnya dan bahkan mengganggap menjadi perjalanan yang cukup membosankan. banyak truk tambang pasir yang berlalu lalang sehingga ini menjadi sebuah poin negatif. selain itu banyak juga pengunjung lain yang menggunakan mobil jeep untuk pergi ke wisata sekitar. namun sampai di Warung Kopi Merapi, aku menemukan bangkai kepala sapi dan segala tentang letusan merapi yang pernah terjadi terbingkai rapi di dindingnya. debu dan pasir yang terbawa angin, namun begitulah rasanya ketika letusan merapi terjadi di areal tersebut. melalui foto - foto dan suasana yang dibangun di Warung Kopi Merapi ini mendekatkan dan menjelaskan bagaimana besarnya sebuah gunung yang menjulang tinggi di belakang. indah, namun menyimpan cerita sedih disana. 

di bagian dinding kafe banyak foto - foto yang epik mengenai letusan gunung merapi yang bisa menjadi pembelajaran sejarah. 

Sejarah Letusan Gunung Merapi di Dinding Warung Kopi Merapi

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,