Langsung ke konten utama

Jalan Jalan ke Asakusa, Kuil Budha Tertua di Jepang Hingga Ramen Halal

Ramen adalah makanan khas jepang yang sangat populer diseluruh dunia. Mungkin salah satu orang menyukainya adalah karena kuah kaldu ramen yang khas membuat rasanya sangat nikmat. Di Indonesia sendiri kami telah mencoba beberapa kali makanan jepang dengan dasar mie seperti ramen dan udon. Untuk ramen sendiri dari yang ramah di kantong sampai cukup dalam menggerogoti dompet sudah kami coba. Ada poin positif dan negatifnya memang jika dibandingkan mie ayam yang lebih merakyat di lidah dan kantong. 

Sesampainya di Jepang ternyata mencari ramen tidak susah, namun untuk mencari ramen Halal cukup menantang pasalnya hampir seluruh kaldu untuk ramen pada umumnya menggunakan campuran babi. Sehingga ramen pada umumnya walaupun terlihat sangat menggoda sayangnya untuk umat muslim, khususnya yang melancong ke Jepang akan sulit menemukannya. Tapi kata sulit yang artinya bukan tidak ada. Ada beberapa tempat makan ramen halal yang bisa kalian temukan di Jepang khususnya di Tokyo.

Beberapa sudah cukup terkenal, namun trik umumnya adalah ketik "ramen halal" di google map. Maka kalian akan menemukan beberapa tempat makan ramen yang punya jaminan halal di sekitar Tokyo. Kali ini kami pergi ke asakusa dimana ada kuil sensoji yang cukup banyak diminati turis.

Sen-soji Shrine

Kuil sensoji adalah kuil tempat ibadah agama budha. Tujuan utama kami memang ramen, namun aku sedikit tertarik dengan sejarah kuil tertua agama budha di jepang ini karena sempat hancur akibat bom pada perang dunia ke 2. Menjadi saksi bisu panjangnya sejarah jepang masa lampau, hingga akhirnya hancur dan dibangun ulang setelah masa perang dunia ke II. Jepang yang kalah perang dan bangkit hingga saat ini merupakan hal yang luar biasa. Tentunya perubahan itu tidak dilakukan satu orang, namun perubahan itu pastinya dimulai dari satu orang. Kemudian kuil sensoji dibangun ulang hingga sekarang.

Sen-Soji Shrine dan Pagoda
(Shoot by Yu, Samsung Note 20, Ultra Wide Lens)



Kuil ini menjadi tempat wisata ketika pergi ke Asakusa. Selain wisata arsitektural, ada pula jajanan tradisional jepang yang disajikan memanjang seperti tempura, soba, dan aneka kue. Ada pula pernak - pernik hingga ramalan juga ada disini. Kita juga bisa menyewa kimono yang ada di toko di sekitaran areal ini sehingga bagi pengunjung yang datang bisa merasakan 'jepang' walaupun hanya wisata beberapa hari. Sehingga tidak sedikit orang baik lokal maupun internasional yang melakukan pre wedding di lokasi ini.
Sen-Soji Shrine 



GYUMON Ramen Halal

Tak jauh dari kuil sen-soji ada ramen halal yang baru - baru ini dibuka. Namanya adalah Gyumon Ramen Halal. Gyumon sendiri bukan sesuatu yang baru untuk menyediakan makanan halal di Jepang khususnya daging halal seperti Wagyu. Namun sepertinya kali ini Gyumon ingin mengembangkan sayap dengan membuat restoran ramen.
Menu Gyumon Ramen Halal


Gyumon Spesial Ramen



Aku bilang restoran, namun di Indonesia akan lebih terasa seperti warung. 1 ruangan dengan 3 jenis tempat duduk yang bisa kalian pilih atau ditentukan dengan jumlah orang yang datang. Ada tempat dudu dengan gaya bar yang bisa kalian pilih jika kalian datang sendirian. Ada kursi dan meja yang bisa diatur dari 2 orang hingga 4 orang. Terakhir, ada tempat duduk lesehan yang bisa muat hingga 1 keluarga. Tempatnya sederhana, namun 1 hal yang sangat menyejukkan hati adalah adanya tempat sholat, toilet, dan tempat wudlu yang bisa digunakan di dalam.

Bagian tempat sholat menjadi poin positif tersendiri bagi umat islam karena jarangnya tempat sholat di jepang terkadang membuat kita harus memutar otak untuk melakukan ibadah wajib 5 waktu. Disini sembari jalan - jalan di sekitar asakusa, kalian bisa makan siang sambil menyempatkan sholat dhuhur dengan nyaman dan tentram.

Masuk ke menu dan makanan, satu lembar penuh warna dan aku sendiripun sedikit kebingungan memilih apa yang akan kami pesan. Rekomendasinya adalah Gyumon special Ramen yang mempunyai topping cukup lengkap. Sama seperti ramen di Indonesia, akan ada pilihan untuk ramen pedas dan tidak pedas. Ini akan bergantung pada selera. Sebagai pengingat bagi pecinta pedas, cabai dan makanan pedas di jepang levelnya sangat jauh dengan di Indonesia, jadi jangan ragu untuk langsung memilih +3 level pedas. Kami memesan menu rekomendasi yaitu Gyumon special ramen. Satu suapan aku bisa pastikan, kaldunya sangat sangat sangat sedap. Jadi ramen disini sangatlah rekomended untuk kalian coba.

Ada beberapa topping tambahan juga yang disediakan. Kami memesan fried gyoza sebagai pendamping. Sayangnya untuk minuman kurang beraneka macam, jadi standard saja. Nah bagian yang sedikit unik adalah adanya wagyu ramen dan wagyu sukiyaki. Ukurannya bermacam macam namun untuk kalian pecinta daging kalian bisa menikmati wagyu disini. Aku secara pribadi kurang bisa membedakan daging sehingga aku skip. Namun dari beberapa review pengunjung lain yang datang, wagyu ramen patut untuk kalian coba juga.

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Tugas Makalah Beton Tulangan geser

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Beton adalah sebuah bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi aggregat dan pengikat semen. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral (biasanya kerikil dan pasir), semen dan air. Dalam perencanaannya untuk memberikan kekuatan yang lebih pada struktur beton, maka terkadang dibutuhkan tulangan yang menambah kekuatan beton. Tulangan pada konstruksi beton memiliki banyak fungsi dan jenisnya. Tergantung pada jenis konstruksi yang ingin dibuat dan kebutuhan. Diameternya pun beragam sesuai dengan perencanaan dan beban yang akan diberikan pada struktur tersebut. Baja akan membantu untuk memberi kekuatan pada beton. Salah satu perencanaan tulangan yang umumnya dilakukan adalah perencanaan tulangan geser yaitu tulangan yang difungsikan untuk menahan kuat geser nominal. Pada makalah ini akan dibahas beberapa hal tentang penulangan ges

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,