Langsung ke konten utama

Aku Tak Sebiru Samudra

Aku sudah 2 tahun ini berada di sebuah pulau yang sama. tak berpindah sama sekali, hanya berkutat di tempat yang sama tanpa memikirkan rencana berpindah. walau terkadang pulau lain begitu menggiurkan dan pulau lain itu pun menawarkan hal yang berbeda. 2 tahun ini aku mencoba memahami pulauku ini, satu demi satu hutan, kota, dan bahkan jalanannya pun aku hafal. semakin lama aku semakin nyaman berada di sini hingga aku ada ditengah pulau tanpa lagi pernah ingin berada di samudra lagi. Pulau ini bukan pulau yang penuh dengan badai, namun pulau yang indah dengan kesejukan yang ditawarkannya. jika aku boleh mengumpamakannya, coba berada di tanah jawa kemudian berpindahlah ke pulau lombok maka akan anda rasakan perbedaan tekanan dunianya.

Di pulau ini dunia berjalan dengan nyaman dan tentram. aku hanya memberikan satu terkadang mendapatkan dua. jika aku boleh memilih aku akan merawat pulau ini, tua disini, dan mungkin jika tuhan menghendaki biarkan aku mati di pulau ini. hingga akhirnya aku terdiam ketika pulau ini mencoba mengusirku. tidak, sayangnya ini bukan salah siapapun. hanya aku yang merasa sudah terlalu tinggi untuk mengerti pulau ini sedangkan pada dasarnya masih jauh dari cukup. satu kesalahanku dan aku harus pergi dari pulau ini. merelakan segala macam kesenangan dan kenyamanan. yah ini mungkin kehendak tuhan, jika boleh berkaca, kita manusia hanya hidup untuk merusak. manusia macam aku, mereka, dan mungkin yang sedang membaca ini juga. mungkin tuhan memberikan petunjuk, pulau ini akan lebih baik tanpa manusia macam aku.

Aku kembali berlayar, terombang - ambing di tengah samudra yang panjang penantiannya sekali lagi. seperti 2 tahun yang lalu, mungkin ini memang yang terbaik namun akhirnya aku berlayar lagi. sedikit pusing meninggalkan daratan yang sudah disinggahi 2 tahun ini. kenangan baik dan buruk terus berputar. aku sudah terusir, terbuang dan ketika waktunya berlayar, aku tak akan menoleh kebelakang lagi. Jika saja aku masih lama untuk berlabuh di pulau lain, biarkan angin dan badai menghempasku seperti biasanya. walaupun tak lagi aku bersembunyi dan lari di pulau yang nyaman tapi biarkan. biarkan angin dan badai menempaku menjadi lebih kuat. Jika tuhan mengijinkan aku akan menemukan sebuah harapan baru.

Manusia mencoba untuk optimis, namun dengan semua latar belakangku, aku berfikir secara realistis dengan segala kemungkinan dan rencana-Nya yang mungkin terjadi. jika saja dan andai saja aku mati dan tenggelam dalam pelayaranku, tuhan, aku memohon kepadamu sempatkan aku mengukir sebuah jejak yang akan dikenang manusia selamanya. Walaupun warnaku seperti titik hitam debu yang semakin biru karena luasnya samudra.

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,