Langsung ke konten utama

Kemarin Freddy, Sekarang Herman Sedang Mengamuk. Siklon Tropis di Selatan Indonesia

HD Satelite Imagery Siklon Tropis Herman tanggal 31 Maret 2023
Sumber : Tropical Cyclone Herman LIVE Tracker and Forecast | Zoom Earth


 Pada tanggal 4 Februari 2023 kemarin, terbentuk siklon tropis yang diberi nama Freddy di samudera Hindia tepatnya di selatan Nusa Tenggara Timur apabila melihat dari sisi geografis Indonesia. Siklon ini merupakan siklon tropis yang kemudian bergerak ke arah barat dan bahkan menjadi sangat mengerikan dan tergolong pada siklon tropis sangat intens dengan kategori 4. perjalanan Freddy sangat panjang dan bahkan bergerak hingga Madagaskar dan Afrika. menghantam kedua tempat ini, tercatat bahwa siklon tropis ini menyebabkan kematian hingga 894 orang dengan detail 676 orang di Malawi, 198 orang di Mozambi, 17 orang di Madagaskar, 2 orang di Zimbabwe, dan 1 Orang di Mauritius.

Aku tidak akan berbicara banyak tentang siklon tropis ini dan dampaknya di seluruh dunia. tapi ini adalah hal yang aku perhatikan dan dampaknya ternyata cukup signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung pada cuaca di Indonesia. dari artikel ini aku akan sedikit bercerita tentang dampak dari Siklon tropis yang sedang berkembang entah secara langsung atau tidak.

Dampak Siklon Tropis Freddy di Mozambik
Sumber: Le cyclone Freddy se rapproche de nouveau du Mozambique (2m.ma)


Siklon Tropis Freddy di Bali

Awal aku mengamati siklon tropis adalah kejadian siklon Freddy. Freddy mengamuk di selatan Bali dan menyebabkan hujan lebat selama beberapa hari. aku yang berada di Bali sedang mengamati kenaikan muka air waduk bendungan Tamblang yang sebagaimana telah diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi pada tanggal 2 Februari 2023. setelahnya pada tanggal 4 Februari 2023, tercatat bahwa Siklon Freddy mulai terbentuk sebagai gangguan dan kemudian membesar. pada tanggal 8 Februari 2023, Siklon Freddy ini mulai mendekati Bali dan dampaknya luar biasa. walaupun bukan pada tingkat tertingginya, Siklon ini cukup berdampak hingga menyebabkan kenaikan intensitas hujan yang cukup signifikan.

Bali memang tidak secara langsung terdampak dan terlewati oleh Siklon Freddy ini karena dia terus bergerak ke arah barat di sepanjang samudera Hindia. namun karena saat itu di Bendungan Tamblang sedang dilakukan pengisian waduk, aku mengamati dengan cukup detail bersama dengan Automatic Rainfall Recorder (ARR) yang terpasang di Bendungan Tamblang.

Pencatatan Tinggi Muka Air, Hujan, dan Debit Inflow Bendungan Tamblang 
(Kuning saat Siklon Tropis Freddy mendekat)

dari data tersebut dapat dilihat di bagian bar diatas menunjukkan hujan dan aku beri tanda kuning. di waktu itulah Freddy mendekati daerah Bali. terjadi hujan yang cukup signifikan dan dampaknya pada bendungan adalah kita menjadi kesusahan untuk mulai menurunkan muka air waduk kala itu. tidak lama setelahnya Siklon Tropis Freddy mulai menjauh dan kondisi hujan yang terjadi mulai kembali normal.

Hal ini menunjukkan bahwa sepertinya ada korelasi antara keberadaan Siklon Tropis Freddy dengan kondisi cuaca di Bali. Pada data ini tercatat yang mungkin kedepannya bahwa kondisi Siklon ini bisa dijadikan sebagai salah satu parameter untuk mitigasi bencana Sumber Daya Air.

Siklon Tropis Herman

Siklon Tropis Herman adalah cerita baru dan bahkan masih sangat hangat ketika aku menulis artikel ini. Sikon Herman tercatat mulai tumbuh sebagai gangguan pada tanggal 28 Maret 2023 pukul 08.00 Pagi. 

Siklon Herman Mulai Terbentuk Sebagai Gangguan Tropis
Sumber: Tropical Cyclone Herman LIVE Tracker and Forecast | Zoom Earth

Pada tanggal 29 Maret 2023 Siklon Tropis Herman meningkat menjadi Siklon Tropis Kategori 1 dengan kecepatan 75 km/jam dan meningkat hingga 85 km/jam

Siklon Tropis Herman Meningkat Menjadi Kategori 1 
Sumber: Tropical Cyclone Herman LIVE Tracker and Forecast | Zoom Earth

Selanjutnya pada keesokan harinya, Siklon tropis Herman kemudian bertambah kuat dengan kecepatan 100 km/jam. sehingga Siklon Herman meningkat menjadi Kategori 2. pada hari selanjutnya yaitu pada tanggal 31 Maret 2023 pada Kembali menguat hingga kecepatan 140 km/jam, Siklon Tropis Herman kemudian meningkat kembali menjadi Siklon Tropis Kategori 3.

Siklon Tropis Herman Kategori 2
Sumber: Tropical Cyclone Herman LIVE Tracker and Forecast | Zoom Earth

Siklon Tropis Herman Kategori 3

Cerita menariknya ada di bagian ketika Siklon Tropis Herman meningkat menjadi kategori 4. menjadi lebih intens dengan kecepatan hingga 205 km/jam. pada tanggal ini disekitar jam yang sama, Bali diguyur hujan. di Bendungan Tamblang sendiri, hujan pada pukul 15.00 WITA hingga 16.00 WITA tercatat sangat tinggi dan bahkan menyentuh angka hujan 66.4 mm/jam. ingat ini per jam ya bukan per hari walaupun pada jam selanjutnya intensitasnya menurun. tapi pada kondisi itu hujan yang terjadi sangat luar biasa dan menyebabkan longsor dan pohon tumbang pada beberapa spot. muka air waduk bendungan Tamblang sendiri meningkat cukup signifikan akibat dari dampak hujan ini.

Siklon Tropis Herman Kategori 4, di Bali Mulai Terdampak Hujan
Sumber: Tropical Cyclone Herman LIVE Tracker and Forecast | Zoom Earth

 
Pencatatan Bulan Maret, pada saat Cyclone Tropis Herman Masuk Kategori 4, Hujan dengan Intensitas Sangat Tinggi Terjadi di Bendungan Tamblang

Siklon Tropis Herman memang diprediksi akan melemah dalam waktu mendatang, namun kita harus tetap siaga. aku menulis artikel ini karena dari kedua kejadian siklon tropis ini aku amati setiap hari dan aku amati dengan cukup detail serta aku bandingkan dengan kondisi hujan yang terjadi. entah karena siklon mendekat ke lokasi kita atau meningkat intensitasnya, siklon dapat berpotensi meningkatkan intensitas hujan dan memberikan dampak bencana.

Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,