Langsung ke konten utama

September Panas Karena Manusia Terlalu Banyak Dosa? Begini Penjelasan Ilmiahnya

 Karena kesibukan, aku tidak membahas tentang siklon atau typhoon. Mungkin nanti section tersebut akan aku mulai kembali ketika musim siklon sudah berada di sekitar pulau Jawa. namun dengan kondisi sekarang, sepertinya terkait klimatologi dan musim aku akan membahas tentang panasnya suhu Indonesia. ada beberapa fakta yang perlu aku singkronkan dengan kondisi dan perubahan yang terjadi dengan menyandingkan data yang ada. sedikit terlambat memang namun postingan kali ini aku buat berdasarkan beberapa keluhan yang disampaikan teman - teman melalui media sosial.

Berdasarkan sudut pandang, pembahasan kenaikan suhu udara ini bisa menjadi rumit atau sederhana dan kombinasi keduanya. tentu saja aku menyediakan data dan pendekatannya, namun kita bahas dari 3 poin tersebut:

1. Sederhana, Pelajaran SMA tentang Gerak Semu Matahari

Pada masa SMA, kita belajar tentang gerak semu matahari yang seolah matahari bergerak dari utara ke selatan dan dari selatan ke utara sehingga pada prosesnya seolah matahari bergerak. namun hal tersebut tidak semerta - merta karena matahari bergerak, namun dikarenakan sudut rotasi bumi yang miring 23.5 derajat. kemiringan ini yang menyebabkan pada bulan tertentu dalam 1 tahun revolusi bumi menyebabkan gerak semu matahari. umumnya kita juga belajar gerak semu matahari ini menyebabkan perubahan musim di bumi khsusunya di negara 4 musim. 

Nah bagaimana hubungannya dengan kenaikan suhu di Indonesia?

secara lokasi indonesia yang berada di Khatulistiwa akan mengalami kondisi dimana matahari berada di atas Indonesia selama 2x dalam setahun. mengikuti pola seperti ini:

jadi berdasarkan grafik diatas, kondisi Indonesia akan terasa panas karena matahari tepat berada di equator terjadi selama 2 periode yaitu bulan Maret dan bulan September. pada bulan ini selanjutnya instagram dan media sosial lainnya akan berisikan oleh orang orang mengeluh karena kepanasan dan bahkan pembahasan mengarah pada banyak dosa manusia di bumi ini. namun begini secara scientific hal ini dijelaskan.

sebagai tambahan, pada bulan Juni, matahari lebih condong ke sisi utara equator, di Jepang sebagai contohnya sedang mengalami musim dingin, sedangkan di Australia yang berad di sisi selatan equator kana mengalami musim dingin. pada bulan september ketika Australia mengalami musim panas, sebaliknya, Jepang sedang mengalami musim dingin. perpindahan 2x matahari bolak balik ke utara dan selatan inilah yang menyebabkan matahari emnyinari indonesia dan daerah equator lainnya setahun 2x.

Kesimpulan

jadi memang pada dasarnya pada bulan September kemarin, sesuai dengan gerak semu matahari, matahari berada di areal equator dan Indonesia yang berada di zona tersebut akan berdampak pada intensitas penyinaran matahari maksimum, berpotensi pada kenaikan suhu udara.

2. Medium, Kita Kombinasikan dengan Musim di Indonesia

Pembahasan ini pernah aku bahas sedikit tentang bagaimana pembagian pola hujan di Indonesia yang berbanding dengan musim yang terjadi. cek postingan ini:

Apakah benar bulan Berakhiran Ber artinya musim hujan?

sehingga sesuai dengan bagian sebelumnya, pada bulan maret umumnya menjadi akhir musim hujan. dikarenakan faktor hujan ini, walaupun memang intensitasnya tidak setinggi bulan januari maupun Februari, hujan masih berpotensi untuk menurunkan suhu udara. selain itu matahari juga tidak langsung terasa dikarenakan awan yang juga menjadi peneduh pada bulan ini. 

berbeda dengan apa yang terjadi pada bulan September dimana bulan ini menjadi akhir dari musim kemarau di Indonesia. khsususnya tentu saja di areal Jawa, umumnya hujan mulai meningkat pada bulan Oktober sehingga pada bulan September dengan tidak adanya hujan dan intensitas penyinaran matahari yang tinggi akibat gerak semu matahari menjadikan suhu di bulan ini menjadi sangat panas.

3. Rumit, Climate Change

bagian ini akan aku bahas secara terpisah pada postingan selanjutnya yang melibarkan data dari BMKG dan bagaimana dampaknya, namun secara intinya perubahan iklim itu nyata terjadi dan berdampak pada kenaikan suhu udara. Jujur saja tidak banyak yang bisa dilakukan dengan hal ini jika kita semua tidak berubah. namun aku tidak akan masuk ke ranah tersebut. Kombinasikan perubahan iklim dengan nomor 1 dan 2, pada akhirnya itu semua berkontribusi pada penyebab kenaikan suhu udara di Indonesia. 


Komentar

Hot Mingguan!!

Maaf, Kepada Hidrologist: Jangan Percaya Peta Global dari GIS Enthusiast

 Akhir Akhir ini aku menemukan banyak GIS Anthusiast yang kemudian mereka menerbitkan kode GEE (Google Earth Engine) untuk pembuatan Peta tata guna lahan baik skala global maupun skala regional seperti peta Tata guna lahan Nasional Indonesia. sebuah terobosan, namun maksud dan tujuan para GIS Anthusiast ini sangat berbeda dengan kebutuhan para Hidrologist dan Hidraulic engineer dalam pembuatan model. sehingga Peta global yang mereka buat tidak bisa kita gunakan. ESRI Sentinel-2 Global LULC 10 m Resolution Source:  Esri | Sentinel-2 Land Cover Explorer (arcgis.com) Pembuatan peta Tata Guna Lahan mempunyai banyak fungsi yang disesuaikan dengan kegunaannya. dari pengamatan perubahan tata guna lahan hingga berbagai analisa lainnya. untuk analisa hidrologi, penggunaan tata guna lahan atau tutupan lahan bisa digunakan sebagai dasar pembuatan basemap untuk model hidrologi. begitu pula dengan analisa hidrolika yang terkadang menggunakan input jenis tutupan lahan dalam penentuan basemap model h

Makalah alat pengukur curah hujan

ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN Makalah tugas akhir ini disusun untuk memenuhi tugas kuliah hidrologi teknik dasar yang diampu oleh Dr. Ery Suhartanto, ST. M.Pd. OLEH : YUANGGA RIZKY ILLAHI                                   145060400111003 LUCIA PUTRI RACHMADANI                  145060400111011 FATHINUN NAJIB                                       145060400111027 YOGA OKTA WARDANA                          145060400111028 NUR FITRIA PUSPITAWATI                      145060401111049 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNIK TEKNIK PENGAIRAN Juni 201 5 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang             Hidrologi adalah suatu ilu yang menjelaskan tentang kehadiran dan gerakan air di alam kita ini. Meliputi berbagai bentuk air, yang menyangkut perubahan – perubahannya antara keadaan cair, padat, dan gas dalam atmosfir, diatas dan di bawah tanah. Di dalamnya tercakup pula air laut yang merupakan sumber dan penyimpanan air yang mengaktifka

Makalah POMPA Hidrolika Saluran tertutup

MAKALAH HIDROLIKA SALURAN TERTUTUP POMPA Disusun Oleh: Kelompok II Elang Timur                             145060400111015 Fariz Bayu Rachmanto            125060400111074 Galih Rizam Pratama               145060400111024 Gloria Dihan Utomo                145060400111002 Tami Pratiwi                            145060400111007 Yoga Okta Wardana                145060400111028 Yuangga Rizky Illahi              145060400111003 Yudhistira Akbar Z.R              145060400111005 JURUSAN TEKNIK PENG AIRAN FAKULTAS TEKNIK                                                                                    UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 201 4 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang             Air merupakan sebuah sumber daya yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sumber air, manusia tidak akan pernah bisa hidup. Karena itu, manusia sangatlah bergantung pada air itu sendiri. Selain dalam kehidupan manusia,